Operasi Yustisi Penegakan Prokes di Cianjur Makin Gencar, Libatkan Pesonel Gabungan

- 18 Desember 2020, 19:07 WIB
Petugas gabungan saat mendata warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.
Petugas gabungan saat mendata warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Personel gabungan dari Polres, Kodim 0608, Sub Denpom, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat gencar menggelar operasi yustisi dalam rangka penegakan protokol kesehatan.

Operasi yustisi yang digelar di sejumlah ruas jalan dalam kota dan titik keramaian di Kabupaten Cianjur itu sebagai upaya menekan angka kasus Covid-19 serta untuk mendisiplinkan masyarakat agar selalu patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetyadhi, mengatakan untuk tingkat pelanggaran protokol kesehatan dalam beberapa pekan terakhir mengalami penurunan.

Baca Juga: 8 Daerah Masuk Zona Merah Di Jawa Barat, Berikut Ulasannya

"Kami terus mengingatkan agar senantiasa menjaga jarak pada saat beraktivitas di tempat-tempat keramaian atau menghindari kerumunan. Untuk tingkat pelanggaran sudah menurun. Sebagian masyarakat sudah menyadari pentingnya menggunakan masker dan juga mematuhi protokol kesehatan," katanya kepada wartawan, Jumat 18 Desember 2020.

Meskipun tingkat pelanggaran menurun, lanjut Hendri, petugas tetap gencar menggelar operasi yustisi untuk lebih meningkatkan disiplin dan ketaatan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Operasi yustisi digelar pada pagi, siang dan sore dengan menyisir masyarakat ataupun pengendara yang masih tidak taat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Pantun Ditetapkan Unseco Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

Hendri menambahkan, untuk penerapan sanksi masih dilaksanakan berupa sanksi sosial dan fisik. Kemudian masyarakat lainnya juga ada yang berdonasi masker. Sebab masih banyak yang tidak memakai masker karena tidak mampu membeli.

"Kami ber Sehingga bagi masyarakat yang mendonasikan langsung diberikan kepada yang betul-betul tidak mampu untuk membeli masker," ucapnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x