Sambil Nunggu Vaksin Covid, Konsumsi Dulu 6 Ramuan Tradisional dari Kemenkes Ini, Mudah Bikinnya

- 18 Desember 2020, 14:58 WIB
Daun kelor adalah salah satu bahan untuk ramuan obat tradisional yang direkomendasikan Kemenkes
Daun kelor adalah salah satu bahan untuk ramuan obat tradisional yang direkomendasikan Kemenkes /https://www.kadinpangandaran.or.id/


Literasi News - Sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac sudah datang ke Indonesia. Saat ini, vaksin itu masih harus melalui sejumlah tahapan sebelum disuntikkan.

Prioritas utama penggunaan 1,2 juta vaksin itu adalah untuk mereka yang berada di garda terdepan melawan Covid-19 seperti tenaga medis, Polri, TNI, Satpol PP, camat, lurah, kades, hingga ASN yang langsung melayani publik.

Meski Presiden RI Joko Widodo sudah mengumumkan bahwa vaksin juga diberikan gratis kepada seluruh rakyat Indonesia, tapi bisa dipastikan kapan vaksin tersebut tersedia. Soalnya, butuh waktu panjang juga untuk memenuhi kebutuhan vaksin bagi seluruh rakyat Indonesia yang jumlahnya ratusan juta orang ini.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Belum Siap, Kemenkes Kasih Panduan Obat Tradisional

Nah, sambil menunggu panggilan vaksinasi, maka penerapan protokol kesehatan 3M adalah cara paling mujarab saat ini. Jangan lupa jaga istirahat, makan makanan bergizi, tetap berdoa, dan berolah raga.

Sebagai penambah vitalitas, bisa juga mengonsumsi resep-resep tradisional. Bahkan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada Kemenkes pun menganjurkannya.

Ditjen Yankes juga memberi panduan lengkap cara pemanfaatan obat tradisional untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan. Termasuk pada masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan/atau Bencana Nasional Covid-19.

Baca Juga: Upaya Menekan Lonjakan Covid-19, Pemkab Cianjur Aktifkan Lagi Gugus Tugas Tingkat RT/RW

Panduan itu disahkan melalui Surat Edaran Nomor : HK.02.02/lV.2243/2020 telah disebarkan ke seluruh kepala daerah di Indonesia. Surat ditandatangi 19 Mei 2020 oleh Direktur Jenderal Yankes Bambang Wibowo.

Sebelum membuat obat tradisional itu, harus memperhatikan hal-hal berikut

- Pemilihan jenis tanaman, komposisi bahan, dan takaran harus tepat

- Pengolahan memperhatikan kebersihan

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x