Vaksin Covid-19 Belum Siap, Kemenkes Kasih Panduan Obat Tradisional

- 18 Desember 2020, 14:41 WIB
JAHE Merah, menjadi salah satu bahan obat tradisional untuk kesehatan.
JAHE Merah, menjadi salah satu bahan obat tradisional untuk kesehatan. /Pikiran-rakyat.com/RIRIN NUR FEBRIANI/RIRIN NUR FEBRIANI/PR


Literasi News - Pemerintah sudah memastikan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan gratis bagi seluruh rakyat Indonesia. Saat ini, baru tersedia 1,2 juta  vaksin Covid-19 yaitu Sinovac dari Cina.

Itupun masih harus melalui berbagai tahapan sebelum akhirnya bisa diinjeksikan ke tubuh manusia. Apabila lolos, 1,2 juta vaksin itupun diprioritaskan untuk kalangan tertentu yaitu mereka yang berada di garda terdepan melawan Covid-19 seperti tenaga medis, ASN yang langsung melayani publik, TNI, Polri dan lainnya.

Baca Juga: Si Taring Layanan Online e-KTP, KK, KIA, Akta Kelahiran dan lainnya di Denpasar, Gak Perlu Antri

Artinya, bagi masyarakat biasa, masih harus menunggu berbulan-bulan lagi. Ada yang memprediksi Maret 2021 baru ada untuk warga. Itupun jumlahnya masih terbatas.

Nah, sambil menunggu panggilan vaksinasi, maka penerapan protokol kesehatan 3M adalah cara paling mujarab saat ini. Jangan lupa jaga istirahat, makan makanan bergizi, tetap berdoa, dan berolah raga.

Sebagai penambah vitalitas, bisa juga mengonsumsi resep-resep tradisional. Bahkan, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada Kemenkes pun menganjurkannya.

Baca Juga: Upaya Menekan Lonjakan Covid-19, Pemkab Cianjur Aktifkan Lagi Gugus Tugas Tingkat RT/RW

Tidak hanya itu, Ditjen Yankes juga memberi panduan lengkap cara pemanfaatan obat tradisional untuk pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan perawatan kesehatan. Termasuk pada masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan/atau Bencana Nasional Covid-19.

Panduan itu disahkan melalui Surat Edaran Nomor : HK.02.02/lV.2243/2020 telah disebarkan ke seluruh kepala daerah di Indonesia. Surat ditandatangi 19 Mei 2020 oleh Direktur Jenderal Yankes Bambang Wibowo.

Sebelum membuat obat tradisional itu, harus memperhatikan hal-hal berikut

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Hari Ini: Saksikan Dari Jendela SMP, Cinta Mulia Hingga Samudra Cinta

- Pemilihan jenis tanaman, komposisi bahan, dan takaran harus tepat

- Pengolahan memperhatikan kebersihan

- Peralatan untuk merebus harus pakai stainless steel, tidak boleh menggunakan logam, kecuali stainless steel, kaca, keramik, atau porselen

- Bahan ramuan harus dicuci bersih sebelum diproses lebih lanjut.

- Saringan dari bahan plastik/nilon, stainless steel, atau kassa.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x