Muhasabah Pagi : Kematian Bukan Akhir Perjalanan Manusia, Melainkan Awal Kehidupan

- 24 Maret 2021, 06:25 WIB
Muhasabah Pagi : Kematian Bukan Akhir Perjalanan Manusia, Melainkan Awal Kehidupan
Muhasabah Pagi : Kematian Bukan Akhir Perjalanan Manusia, Melainkan Awal Kehidupan /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Pada saat ini kita sudah melalui dua destinasi dalam perjalanan kehidupan sebagai manusia. Yang pertama alam ruh, merupakan alam pertama yang telah kita lalui, di alam ini kita telah berkomitmen bahwa Allah SWT adalah Tuhan kita (Al A'raf: 172).

Berikutnya kita pun telah melalui destinasi yang kedua yang namanya alam rahim. Di alam ini kita mengalami suatu proses dari mulai, nutfah, alaqah, mudhghah, dan idzam, hingga menjadi kita pada saat ini dengan wajah dan bentuk yang berbeda-beda (Al Mukminun: 14),

Kaitan dengan alam yang kedua ini Nabi Adam dan Nabi Isa melalui proses yang berbeda dengan lazimnya manusia (Ali 'Imran: 59).

Baca Juga: BMKG Hari ini, 24 Maret 2021. Waspada Potensi Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir di Jawa Barat

Perjalanan dilanjutkan menuju destinasi ketiga yaitu alam dunia yang saat ini sedang kita alami. Pada destinasi ketiga ini live is never flat, Allah SWT tidak memberikan jatah usia yang sama kepada kita, ada di antara saudara-saudara kita yang diwafatkan pada usia muda, namun ada juga yang Allah berikan usia sampai tua, bahkan sampai masa dimana ingatannnya sudah banyak yang lupa (Al Anbiya: 5).

Kematian bukan akhir dari perjalanan kehidupan manusia, melainkan awal dari kehidupan. Pada destinasi yang keempat yaitu alam barzah atau sering disebut alam kubur. Pada masa ini hidup terisolasi tidak ada siapapun yang menemani, hanya amal kita yang akan menyertai.

Pada destinasi yang keempat ini bisa menjadi salah satu kebun surga dimana seseorang akan mendapatkan ni'mat qubur (Al Waqi'ah 83-89), atau boleh jadi alam ini seperti lembah neraka dimana seseorang akan mendapatkan siksa (Thaha: 124). Ini adalah alam antara alam dunia dan alam akhirat (Al Mu'minun:100).

Baca Juga: Big Match City vs Chelsea, Leicester Ditantang Southampton. Hasil Undian Semi Final Piala FA 2020-2021

Baca Juga: Kabar Gembira, Akhirnya Ada 27.303 Formasi bagi Guru Agama di Rekrutmen PPPK 2021

Dan berikutnya kita akan melalui alam mahsyar, yaitu kita akan dikeluarkan dari alam barzakh atau alam kubur (al Zalzalah: 6) dan akan menerima semua balasan dari semua amal kebaikan maupun keburukannya selama hidup di dunia (al Zalzalah: 7-8; Yunus: 30).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x