Bolehkah Sahur Dulu Baru Mandi Wajib? Apakah Puasanya Sah? Ini Penjelasannya

- 14 Maret 2024, 03:02 WIB
Apakah boleh makan sahur baru mandi wajib?
Apakah boleh makan sahur baru mandi wajib? /Pixabay

Literasi News – Perkara hukum makan sahur sebelum mandi wajib atau mandi junub sering kali menjadi pertanyaan umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Lalu, apakah boleh mendahulukan makan sahur sebelum mandi wajib dan apa hukumnya? Apakah puasanya terhitung sah? Simak penjelasannya.

Mandi wajib atau mandi junub (disebut juga mandi janabah dan mandi besar) adalah bersuci untuk menghilangkan hadats besar yang menyebabkan seseorang dalam kondisi junub.

Baca Juga: Kaji Fiqih Wanita Hingga Study Gender, Ini Rangkaian 'Nyantri Keren' FORDAF NU Subang Selama Ramadan!

Seseorang dapat disebut dalam kondisi junub karena dua hal. Pertama, keluarnya mani dari alat kelamin, baik secara sengaja atau tidak. Kedua, melakukan jimak atau berhubungan suami istri, meskipun itu tidak sampai keluar mani.

Suci dari hadats baik hadats kecil maupun besar merupakan syarat sah untuk melaksanakan ibadah. Jika hadats kecil dapat dihilangkan dengan cara berwudhu, maka hadats besar dapat dihilangkan dengan cara mandi wajib.

Sementara itu, bagi umat Islam yang hendak menjalankan ibadah puasa Ramadan dianjurkan untuk melakukan mandi wajib sebelum berpuasa.

Baca Juga: Potensi Pergerakan Saat Lebaran Capai 193,6 Juta Orang, Menhub Usulkan Diskon Tarif Tol

Bagaimana jika mandi wajib dilakukan setelah sahur, melewati waktu imsak atau bahkan azan subuh?

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah