Muhasabah Pagi : Awali Semua Aktifitas dengan Niat karena Allah SWT

- 15 Maret 2021, 07:11 WIB
Muhasabah Pagi : Awali Semua Aktifitas dengan Niat karena Allah SWT
Muhasabah Pagi : Awali Semua Aktifitas dengan Niat karena Allah SWT /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Mengawali hari ini kita memohon kepada Allah SWT, semoga awal dari semua aktifitas kita selalu tertancap dalam relung hati diniatkan karena Allah SWT.

Pentingnya niat karena Allah SWT sebagai motivasi dalam semua aktifitas kebaikan kita akan berdampak kepada hasil dari aktifitas kita di hadapan Nya.

Rasulullaah SAW telah bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيِهِ

“Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat; dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhaan) Allah dan rasul-Nya. Barangsiapa hijrahnya karena (harta atau kemegahan) dunia yang dia harapkan, atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya.”(HR Bukhari).

Baca Juga: Jadwal Belajar dari Rumah TVRI Hari Ini, Senin 15 Maret 2021, Bisa Diunduh Bahannya di Sini

Hadits di atas berkaitan dengan seorang laki-laki yang hijrah ke Madinahnya bukan karena Allah SWT yang memerintahkan dia untuk berhijrah, namun motivasi dia berhijrah ke Madinah karena ada wanita cantik di Madinah yang bernama Ummu Qais yang ingin sekali dia nikahi.

Kenyataannya dia sama-sama hijrah bersama sahabat-sahabat Rasulullaah SAW yang lainnya, namun di hadapan Allah SWT dia tidak memiliki pahala berhijrah karena motivasinya bukan karena Allah SWT.

Inilah pentingnya niat karena Allah SWT yang akan membedakan tujuan dalam beramal, apakah yang dituju adalah Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya atau semata-mata hanya untuk selain-Nya.

Baca Juga: Jadwal Liga Champion 17-18 Maret 2021. Madrid vs Atalanta dan Chelsea vs Atletico, Live di SCTV

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x