Muhasabah Pagi : Keistimewaan Waktu Utama Sepertiga Malam Terakhir

- 19 Maret 2021, 06:53 WIB
Muhasabah Pagi :  Keistimewaan Waktu Utama Sepertiga Malam Terakhir
Muhasabah Pagi : Keistimewaan Waktu Utama Sepertiga Malam Terakhir /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Segala sesuatu pasti ada yang paling utama, demikian pula dengan waktu. Dari dua puluh empat jam yang kita miliki dalam satu hari satu malam, ada prime time atau waktu utama yang jika seorang hamba menggunakan kesempatan baik ini dengan beribadah dan berdoa akan banyak mendapatkan keistimewaan.

Beberapa Keistimewaan waktu utama ini, dijelaskan dalam al Qur'an ialah ia akan mendapatkan banyak kebaikan dan masuk kriteria hamba Nya yang muhsinin, orang yang berbuat baik di hadapan Allah SWT (QS. Az-Zariyat [51]: Ayat 17 dan Al Furqan [25]: 64).

Keistimewaan lainnya, Allah SWT akan menempatkannya pada maqam yang terpuji di dunia maupun di akhirat (Al Isra [17]: 79), serta akan diampuni segala dosa dan di jauhkan dari azab neraka (Ali 'Imran [3]: 17), dan banyak lagi keistimewaan lainnya bagi hamba Nya yang melewati waktu utama ini untuk mendekatkan diri kepada Nya.

Baca Juga: Samsat Keliling Kabupaten Bandung Barat Hari Ini, Jumat 19 Maret 2021, Ada di 2 Tempat

Waktu utama tersebut dijelaskan dalam sebuah hadits Nabi SAW:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ فَيَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ وَمَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ’Barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku kabulkan. Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku penuhi. Dan barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku ampuni. (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagi hamba Nya yang mengharap keistimewaan ini sudah dipastikan tak akan melewatkan begitu saja waktu utama ini. Setiap waktu utama ini datang tentunya akan dimanfaatkan untuk mencurahkan segala permohonan kepada Nya, memohon ampun atas segala kesalahannya, serta mendoakan kebaikan untuk orang-orang dicintainya serta semua orang-orang yang beriman.

Baca Juga: Samsat Keliling Purwakarta Hari Ini, Jumat 19 Maret 2021, Ada di 3 Tempat

Apabila keutamaan kedua yaitu tempat diijabah (maqam ijabah) multazam dan raudloh, untuk bisa berdoa ditempat itu orang-orang sampai rela berdesak-desakan. Padahal keutamaan kedua ini dijelaskan dalam hadits, tetapi tidak dijelaskan dalam al Qur'an.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x