Muhasabah Pagi : Keberkahan itu Milik Allah SWT

- 16 Maret 2021, 07:39 WIB
Muhasabah Pagi : Keberkahan itu Milik Allah SWT
Muhasabah Pagi : Keberkahan itu Milik Allah SWT /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Ketika kita mendengar kata berkah, maka terbayang dalam pikiran kita adalah suatu kebaikan yang ada di dalamnya.

Hal ini selaras dengan arti kata berkah, menurut Imam al Ghazali bahwa berkah adalah ziyadatul khair atau bertambahnya kebaikan. Dalam Surat al Mulk ayat 1 menjelaskan bahwa keberkahan itu adalah milik Allah SWT.

Ketika keberkahan itu disandingkan dengan makhluk atau suatu benda bukan makhluk atau benda yang mengandung berkah, namun Allah SWT memberikan keberkahan kepada benda tersebut (lihat dalam Surat al-Qoshosh (28): 30; an-Nur (24): 35; ad-Dukhon (44): 3; Al-Isra (17):1).

Baca Juga: Saksikan Samudra Cinta dan Buku Harian Seorang Istri, Berikut Jadwal SCTV Hari Ini Selasa, 16 Maret 2021

Kaitan keberkahan suatu negeri pun tidaklah dapat disandarkan kepada startegisnya atau suburnya secara fisik negeri tersebut.

Namun itu semua tergantung kepada penduduk negeri itu apakah mereka dekat kepada Pemilik Kerberkahan itu atau tidak. Inilah yang dijelaskan dalam firman Allah SWT di bawah ini:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرٰىٓ ءَامَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ مِّنَ السَّمَآءِ وَالْأَرْضِ وَلٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنٰهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Baca Juga: Jadwal Liga Champion 2020-2021 Malam Nanti, 17 Maret 2021. Madrid vs Atalanta Live di SCTV

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 96).Semoga bermanfaat.
(H. Asep Dadan Wildan, M.A)***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x