Muhasabah Pagi : Empat Amalan yang Bisa Mengantarkan Seseorang Menjadi Penghuni Surga

- 22 Maret 2021, 06:09 WIB
Muhasabah Pagi : Empat Amalan yang Bisa Mengantar Seseorang Menjadi Penghuni Surga
Muhasabah Pagi : Empat Amalan yang Bisa Mengantar Seseorang Menjadi Penghuni Surga /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Rasulullah SAW pernah berpesan melalui hadits yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi, bahwa ada empat amalan yang dapat menjadikan seseorang menjadi penghuni surga sebagai destinasi terakhir dari kehidupannya kelak.

Berikut pesan Nabi SAW.:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ، وَصِلُوا اْلأَرْحَـامَ، وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ، تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ.

Wahai manusia tebarkan salam, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah di malam hari saat manusia tertidur, niscaya kalian akan masuk ke dalam Surga dengan selamat.(HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga: BMKG Hari ini, Senin 22 Maret 2021 : Waspada potensi hujan sedang hingga lebat di Wilayah Jawa Barat

Tebarkan salam, doa untuk keselamatan orang lain yang kita jumpai. Dalam Al Qur'an salam ini terwujud juga dalam setiap ucapan yang selalu memberikan kedamaian kepada orang lain, sekalipun orang lain berbicara sebaliknya kepada kita (al Furqan [25]: 63).

Yang kedua, mereka memiliki sikap peduli kepada sesama dengan selalu memberikan perhatian khusus melalui memberi makan kepada orang yang memerlukan (al Insan [76]: 8)

Selanjutnya menghubungkan kasih sayang Allah SWT sesama kita. Silaturahim mengandung makna relasi yang harmonis antara sesama manusia untuk saling menyebarkan rahim (kasih sayang) Allah SWT kepada antar sesama, yang dampaknya akan mengantarkan diantara manusia untuk makin dekat kepada Allah yang Maha Rahim (ar Ra'd [13]: 21).

Baca Juga: Begini Cara Menyeduh dan Menikmati Kopi Hitam Ala Barista

Baca Juga: Ternyata Pilihan Kopi Bisa Menggambarkan Karakter Seseorang. Yuk Simak Uraiannya

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x