Enam Kota Kabupaten di Jabar Terima Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Cetak e-KTP, KK dan Akta seperti ATM

- 5 April 2021, 10:45 WIB
Mendagri didampingi Dirjen Dukcapil memberikan penghargaan berupa ADM secara simbolis kepada 5 perwakilan dari 39 Disdukcapil berprestasi
Mendagri didampingi Dirjen Dukcapil memberikan penghargaan berupa ADM secara simbolis kepada 5 perwakilan dari 39 Disdukcapil berprestasi /Ditjen Dukcapil Kemendagri/

Literasi News - Enam Disdukcapil Kota Kabupaten di Jabar termasuk 39 daerah yang menerima mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dengan ADM warga bisa memproses hingga mencetak dokumen kependudukan seperti e-KTP, KK, Akta dan lainnya, layaknya menggunakan ATM perbankan.

Keenam Disdukcapil di Jabar yang menerima ADM tersebut yakni Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, Bogor, Bandung Barat, Depok dan Kota Tasikmalaya. Hal itu sebagai bentuk penghargaan yang diberikan Ditjen Dukcapil Kemendagri karena ke 39 Dinas Dukcapil kabupaten/kota tersebut telah memberikan pelayanan Adminduk terbaik.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) HM Tito Karnavian didampingi oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh memberikan penghargaan kepada 39 Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang memberikan pelayanan Adminduk terbaik, Penghargaan kategori "Dukcapil Bisa" berupa satu unit ADM diserahkan simbolis kepada lima perwakilan penerima.

Baca Juga: Begini Cara Buat e-KTP, KK, dan Lainnya di Purwakarta. Gunakan Mesin ADM, Bisa Langsung Cetak Sendiri

Baca Juga: Cara Menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Ini Kata Dirjen Zudan Arif Fakrulloh

Untuk kategori penduduk besar diberikan kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Bandung. Kategori penduduk sedang diwakili Disdukcapil Kabupaten Sleman. Kategori penduduk kecil oleh Kabupaten Penukal Adab Lematang Ilir. kategori wilayah afirmasi diserahkan kepada Disdukcapil Kabupaten Halmahera Utara, dan Manokwari.

Hal itu dilaksanakan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2021 bertema “Kontribusi Dukcapil Dalam Mendukung Vaksinasi Covid-19 dan Penanganan Stunting Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat”, di Jakarta.

Rakornas secara daring lewat aplikasi Zoom dan disiarkan live streaming di situs berbagi video Youtube ini dihadiri oleh seluruh insan Dukcapil se-Indonesia, mulai dari aparatur Dukcapil pusat, provinsi, dan kabupaten/kota.

Baca Juga: Banjir Bandang Lahar Dingin Gunung Ile Lewotolok Lembata NTT Renggut 11 Korban Jiwa

Menteri Dalam Negeri HM Tito Karnavian menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja dan inovasi kreatif yang telah dimunculkan, baik oleh Dukcapil pusat maupun daerah. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x