Cara Menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), Ini Kata Dirjen Zudan Arif Fakrulloh

- 19 Oktober 2020, 07:08 WIB
Presiden Joko Widodo di acara peluncuran mesin Anjungan Dukcapil Mandiri beberapa waktu lalu
Presiden Joko Widodo di acara peluncuran mesin Anjungan Dukcapil Mandiri beberapa waktu lalu /Ditjen Dukcapil Kemendagri/

Literasi News - ‘Anjungan Dukcapil Mandiri’ (ADM) menawarkan ragam pelayanan Administrasi Kependudukan sehingga semakin mudah dan cepat. Masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukan kini memiliki pilihan, bisa langsung ke kantor Dukcapil, mengurus secara online, dan melalui mesin ADM.

ADM dirancang agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi. Sistemnya bekerja dengan pengamanan nomor induk kependudukan (NIK), personal identification number (PIN) dan quick response (QR) Code.

Lalu bagaimana cara kerja mesin ADM, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh melalui laman dukcapil.kemendagri.go.id, menjelaskan ADM sama seperti menggunakan ATM untuk mengambil uang, nasabah harus teregistrasi terlebih dahulu di bank.

Baca Juga: 'Tarik Sis Semongko' Viral, Ini Awal Mulanya

Begitu juga pemohon dokumen kependudukan melalui mesin ADM harus teregistrasi di kantor Dukcapil setempat. Setelah itu akan diberi nomor PIN lewat SMS ke telepon genggam masing-masing.

PIN yang diberikan ada dua jenis. Pertama, untuk masuk ke dalam sistem yang ada di ADM. Kemudian, PIN untuk mencetak data kependudukan. Tiap data kependudukan akan diberi masing-masing PIN dan bisa digunakan hanya sekali pencetakan. 

Misalnya, PIN untuk mencetak KTP-el, KK, KIA, akta lahir dan lain-lain. Selain PIN, juga akan diberikan QR code atau kode dalam bentuk barcode lewat e-mail masing-masing.

Baca Juga: Ini Lirik Lagu Bunga 'Tarik Sis Semongko' yang Viral di Youtube

Setelah memiliki PIN atau QR code, masyarakat bisa menggunakan mesin ADM yang bakal ditempatkan di area-area publik seperti mall, perkantoran, pasar dan pusat keramaian lainnya.

Pada tampilan awal, mesin ADM ada tiga menu pilihan. Yang bisa diklik salah satu, yaitu sidik jari, NIK atau QR code untuk mencetak data kependudukan yang diinginkan.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: dukcapil.kemendagri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x