Peterpan, Layanan Adminduk Terintegrasi. e-KTP, KK, hingga KIA di Kab. Tubaba. Sekali Proses Dapat Komplit

- 28 Maret 2021, 20:58 WIB
Peterpan, Layanan Adminduk Terintegrasi. e-KTP, KK, hingga KIA di Kab. Tubaba. Sekali Proses Dapat Komplit
Peterpan, Layanan Adminduk Terintegrasi. e-KTP, KK, hingga KIA di Kab. Tubaba. Sekali Proses Dapat Komplit /Disdukcapil Kab. Tubaba/

Literasi News - Disdukcapil Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung mengenalkan Peterpan, inovasi unggulan untuk memberikan pelayanan dokumen kependudukan. Dengan layanan tersebut mengurus dokumen kependudukan seperti e-KTP, KK dan lainnya bisa sekaligus.

Peterpan merupakan singkatan dari Pelayanan Terpadu All in One. Layanan milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu bisa melalui Online maupun Offline. Namun Intinya masyarakat bisa mendapatkan dokumen kependudukan komplit, hanya satu kali proses.

Kepala Disdukcapil Tubaba Ahmad Hariyanto menjelaskan pihaknya terus mengupayakan pencapaian target nasional dalam pelayanan, penerbitan dokumen kependudukan dan catatan sipil untuk masyarakat di daerahnya.

Baca Juga: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar Mengutuk Keras Aksi Teror Bom Makasar, Desak Usut Hingga Tuntas

Upaya pencapaian target nasional tersebut dilakukan dengan inovasi pelayanan terintegrasi yakni Pelayanan Terpadu All in One (Peterpan). Pelayanannya itu bisa secara online maupun offline.

Untuk layanan Online, lanjutnya bisa menggunakan aplikasi e-Smile melalui tautan : https://disdukcapil.tulangbawangbaratkab.go.id/. Sedangkan layanan offline, datang langsung ke Kantor Disdukcapil, di komplek perkantoran Pemkab Tubaba, Panaragan, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

“Pelayanan terintegrasi ini sudah mulai berjalan per 1 Februari, dengan adanya program ini masyarakat yang mengurus adminduk bisa mendapatkan dokumen kependudukan secara komplit, hanya dengan satu kali proses,” katanya.

Baca Juga: Ledakan Bom di Katedral Makassar Masuk High Explosive, Kapolda Sulsel: Yang Merakit Ini Sangat Ahli

Hariyanto menambahkan target nasional yakni penyelesaian perekaman dan pencetakan KTP-el 100 persen, penerbitan KIA dengan target 30 persen, penerbitan akta kelahiran nol sampai 18 tahun dengan target 95 persen.

"Itulah target nasional yang tahun ini harus kita capai, dan upaya pencapaian ini dengan menjalankan program layanan terintegrasi Peterpan," katanya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x