Kemenag Siapkan Beasiswa Penuh Hingga Lulus bagi Siswa yang Lolos Seleksi MAN-PK. Ini Ketentuannya

- 4 Januari 2021, 13:32 WIB
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar mengatakan kemenag menyiapkan beasiswa hingga lulus bagi siswa yang lolos seleksi MAN-PK
Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar mengatakan kemenag menyiapkan beasiswa hingga lulus bagi siswa yang lolos seleksi MAN-PK /Kemenag RI

Literasi News - Kementerian Agama akan memberikan beasiswa penuh bagi siswa yang berhasil lolos seleksi dan masuk dalam Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN-PK).

“Untuk siswa baru MAN PK akan mendapat beasiswa sampai lulus, sehingga orang tua tidak lagi memikirkan biaya hidup di asrama,” kata Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ahmad Umar di Jakarta, Senin 4 Januari 2021.

MAN-PK,  kata Umar, merupakan salah satu program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN Reguler yang sudah ada.

Baca Juga: Jakarta-Bali Sudah Banyak Tersedia Fasilitas Charging Bagi Pengendara Mobil Listrik

MAN-PK pada MAN Reguler bertujuan merevitalisasi praktik penyelenggaraan Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) yang pernah diprakarsai Menteri Agama Munawir Sjadzali pada akhir tahun 1987.

Sementara penekanan MAN-PK pada kurikulum keagamaan yang padat serta penekanan pada penguasaan Bahasa Arab dan Inggris. Demikian dikutip Literasinews dari laman resmi Kementerian Agama RI.

“Saat ini ada 10 MAN-PK yang akan menerima 476 siswa. Rata-rata menerima 48 siswa, kecuali MAN 1 Surakarta menerima 68 siswa dan MAN 1 Yogyakarta menerima 24 siswa khusus putra,” tutur Umar.

Baca Juga: Simak! Ini Perbedaan Mendasar Guru PNS dan PPPK, walaupun Gaji dan Tunjangan Nyaris Setara

Menurut Umar, Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) akan dibuka melalui dua jalur, yaitu tes dan prestasi atau non tes dengan kuota terbatas.

Pendaftaran jalur tes dibuka secara online dari 11 Januari – 11 Februari 2021. Pendaftaran jalur prestasi juga dibuka secara online dari 11 Januari – 6 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x