Bukan Lagi Sekedar Tempat Mengaji, Mulai Sekarang Kemenag Arahkan Pesantren untuk Basis Pertanian

- 18 Oktober 2020, 19:41 WIB
Kemenag, Kementan, dan Intani kompak mengembangkan pertanin di pesantren. (Dok. Kemenag RI)
Kemenag, Kementan, dan Intani kompak mengembangkan pertanin di pesantren. (Dok. Kemenag RI) /

Literasi News – Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) 22 Oktober 2020 mendatang, Kementerian Agama (Kemenag), Badan Ketahanan Pangan Kementan, dan Intani (Insan Tani dan Nelayan Indonesia) berkolaborasi mengembangkan pertanin di pesantren.

Program korporasi petani yang diinisiasi oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dengan tema “Akselarasi Ketahanan Pangan Berbasis Pesantren” ini, ditandai dengan penanaman padi seluas 1.000 Ha di kawasan pondok Pesantren Pemberdayaan Al Muhtadin Ujung Genteng, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu 17 Oktober lalu.

Baca Juga: Bantuan Sosial Tunai Rp2 juta bagi Seribu Korban PHK

Ketua Intani yang juga asisten staff ahli Wapres, Guntur Subagja mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan membangun kesejahteraan petani dan membangun ketahanan pangan dengan melibatkan beberapa stakeholders di bidang pertanian.

"Ini adalah program kolaborasi kami dalam meningkatkan perekonomian petani," tegas Guntur, melalui siaran pers Kemenag RI.

Menurutnya, di pesantren tersebut memiliki potensi SDM yang luar biasa, ustaz dan santri serta potensi lahan yang sangat luas untuk diberdayakan.

Baca Juga: Menaker Klaim Subsidi Gaji/Upah Telah di Salurkan ke 11,9 Juta Pekerja dengan Anggaran Rp37,7 T

"Potensi sumber daya pesantren ini patut diberdayakan, maka kami ada untuk berkolaborasi," ujar Guntur.

Ia menjelaskan, Intani merupakan organisasi masyarakat yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani serta kemandirian pertanian Indonesia.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x