Pantau Implementasi Merdeka Belajar, Dirjen GTK Kunjungi SMP Negeri 2 Nusa Penida, Bali

- 8 Maret 2024, 07:54 WIB
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani.
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani. /Dok Kemendikbudristek

Literasi News – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Klungkung, Bali, Sabtu, 2 Maret 2024 di SMP Negeri 2 Nusa Penida, Klungkung, Provinsi Bali yang merupakan Sekolah Penggerak angkatan 3.
 
Dalam kunjungan kerjanya, Dirjen GTK, mengatakan bahwa kunjungannya ke SMP Negeri 2 Nusa Penida dalam rangka melihat implementasi kebijakan Merdeka Belajar. “Tidak hanya itu, implementasi Kurikulum Merdeka juga sudah dilakukan dengan baik di sekolah ini, pertemuan yang luar biasa ini menjadi sangat berarti juga,” ujar Nunuk.
 
Nunuk menambahkan, bahwa proyek-proyek hasil inovasi yang sangat membanggakan, merupakan hasil dari Kurikulum Merdeka yang mengedepankan kearifan lokal. Dalam kurikulum ini, kata Nunuk, tidak diperkenankan untuk membuat proyek dengan mengimpor barang-barang mahal dari luar. Namun, mendorong sekolah untuk memanfaatkan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Shopee Big Ramadan Sale 2024, Rayakan Bulan Suci dengan Berbagai Promo Menarik
 
“Yang kami saksikan tadi adalah inovasi-inovasi lokal yang luar biasa, yang berhasil diwujudkan meskipun dengan segala keterbatasan dan kekayaan alam yang ada di SMP Negeri 2 ini. Kepala Sekolah, dengan bijak, telah membimbing para guru dan siswa untuk mewujudkan proyek-proyek yang bermanfaat bagi anak-anak kita,” kata Nunuk.
 
“Apresiasi yang tulus bagi Kepala Sekolah atas prestasi yang luar biasa ini. SMPN 2 Nusa Penida menjadi salah satu dari sedikit sekolah penggerak di Indonesia, bukan semata karena keunggulan fasilitas atau infrastrukturnya, melainkan karena kepala sekolahnya yang telah berhasil menjalani serangkaian tes serta menunjukkan kompetensi yang luar biasa dalam menggerakkan sekolah ini menuju tingkat yang lebih tinggi,” lanjut Nunuk.

Baca Juga: Sokushi Cheat ga Saikyou sugite Isekai Episode 10 Sub Indo, Nonton My Instant Death Ability Tanpa Otakudesu
 
Lebih lanjut, Nunuk mengatakan bahwa, dari ratusan ribu satuan pendidikan di Indonesia, hanya sedikit sekolah yang berhasil mencapai status sekolah penggerak, dan SMP Negeri 2 Nusa Penida menjadi bagian dari prestasi tersebut. “Hal ini menandakan kesuksesan yang luar biasa di tingkat lokal, yang patut diapresiasi,” tuturnya dengan bangga.
 
Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika, mengatakan bahwa dalam rangka menunjang program implementasi Kurikulum Merdeka, Kabupaten Klungkung berencana dan berupaya meningkatkan kemampuan intelektual dan emosional bagi guru dan tenaga kependidikan.
 
“Rencana akan kami sosialisasikan serta implemetasikan ke sekolah-sekolah, dan mudah-mudah nanti ada sesuatu hal yang positif kami lakukan dari Pemda Klungkung, untuk meningkatkan IQ peserta didik di Kabupaten Klungkung,” ucap Plt. Bupati Klungkung.***

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah