Ditjen Haji dan Umroh Kemenag Luncurkan Siskohat Mobile, Proses Pendaftaran Haji Selesai 15 Menit

- 29 Oktober 2020, 21:48 WIB
Peluncuran Siskohat Mobile di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.
Peluncuran Siskohat Mobile di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan. /Dok.Kemenag/kemenag.go.id

Literasi News - Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag meluncurkan layanan Siskohat Mobile. Dengan layanan Siskohat Mobile, proses pendaftaran haji yang biasanya memakan waktu  berjam jam, kini bisa selesai dalam waktu 15 menit.

Peluncuran layanan Siskohat Mobile berlangsung di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan. Sebab prototipe Siskohat Mobile ada di Bangka Selatan, nantinya akan diperluas menjadi skala nasional.

Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Oman Faturrahman mengatakan sesuai arah kebijakkan negara yang dirumuskan dalam RPJMN 2020-2024 diturunkan menjadi Renstra Kementerian Agama adalah transformasi digital.

Baca Juga: Libur Panjang Maulid Nabi, Pemprov Jabar Sebar 26.700 Alat Rapid Test di 54 Destinasi Wisata

Transformasi digital ini yaitu perubahan dalam berbagai bentuk pelayanan kepada warga negara. Hal ini terkait dengan kebijakkan negara sehingga tidak bisa dihindari lagi adanya tranformasi digital. 

"Layanan Siskohat Mobile ini adalah bentuk dari tranformasi digital, diterjemahkan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag nantinya akan menjadi skala nasional. Prototipenya berada di Bangka Selatan," tutur Oman dilansir laman kemenag.go.id.

Menururnya Siskohat Mobile akan menjadi etalase Kementerian Agama dalam hal transformasi digital, diharapkan bisa memberikan kepuasan kepada publik.

Baca Juga: 1 November 2020 Umroh Dibuka, Hampir 60 Persen Calon Jemaah Indonesia Tak Bisa Berangkat Karena Ini

"Berikan pelayanan seikhlas ikhlasnya kepada calon  jemaah kita," ucap Oman pada saat acara Launching Siskohat Mobile di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan. 

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan Jamaludin mengatakan layanan haji dan umrah siskohat mobile ini dijalankan secara terpadu dengan stakeholder terkait.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x