Pemerintah Sebut Keterbukaan Masyarakat Saat Tracing Dinilai Jadi Kunci Penanganan Covid-19

- 16 November 2020, 07:54 WIB
Keterbukaan Masyarakat Saat Tracing kunci penanganan covid-19
Keterbukaan Masyarakat Saat Tracing kunci penanganan covid-19 /Instagram/@pikobar_jabar

Literasi News - Update Covid-19 yang terkonfirmasi oleh Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 per tanggal 14 November 2020 Pukul 12.00 masih dilaporkan ada penambahan kasus sebanyak 5.272 kasus Covid di Indonesia.

Dikutip literasinews dari kominfo.go.id saat ini pemerintah masih terus melakukan upaya penanganan pandemi Covid-19 dengan mempertimbangkan sisi kesehatan dan perekonomian secara bersamaan.

Langkah 3T (Testing, Tracing dan Treatment) ditujukan untuk aktivitas kegiatan pemerintah. Di dalam 3T Pemerintah berbicara mengenai bagaimana cara memberikan notifikasi atau pemberitahuan pada orang yang berada di sekitar agar masyarakat lebih waspada.

Baca Juga: Italia Puncaki Klasemen, Tundukan Polandia. Belanda Menang Lagi Wijnaldum Sumbang Dua Gol

Upaya ini masih difokuskan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dikutip literasinesw dari @kemkominfo keterbukaan masyarakat saat Tracing (pelacakan) menjadi salah satu kunci untuk menekan penularan Covid-19 di Indonesia serta memastikan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 mendapatkan perawatan lebih dini dan lebih baik.

Penanganan Covid-19 saat ini tak hanya berasal dari langkah pemerintah sebagai tujuan utama. Namun peran masyarakat juga menjadi elemen penting untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Banyaknya stigma yang berkembang mengenai Covid-19 menjadi tantangan bagi pemerintah dan masyarakat. Hal ini harus disiasati tak hanya oleh pemerintah namun juga masyarakat yang diharapkan mampu untuk memilah informasi-informasi Covid-19 dari sumber yang terpercaya dan menelaah secara bijak.

Baca Juga: SIM Keliling Jakarta Hari Ini, Ada di 5 Lokasi

Keterbukaan masyarakat dalam Tracing yang dilakukan oleh Pemerintah tak hanya dinilai sebagai kunci bagi penanganan Covid-19. Lebih dari itu, upaya Tracing atau pelacakan ini dapat berbuah identifikasi penyebaran Covid di suatu wilayah.

Apabila hal itu bisa dilaksanakan secara baik dan juga disertai dengan partisipasi dari masyarakat akan menemukan pencegahan dan penanganan sejak dini supaya penularan Covid-19 dapat dicegah secara optimal.

Masyarakat dapat mengawal upaya Tracing atau pelacakan ini dengan berbagai cara di antaranya seperti mengunduh aplikasi PeduliLindungi yang telah diresmikan oleh Kominfo sejak Maret lalu. Di dalamnya masyarakat dapat melihat kondisi perkembangan Covid-19 ter-update di lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu mengawal upaya Tracing dapat dilakukan oleh masyarakat dengan mengecek keadaan diri dan orang sekitar dari segi kesehatan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x