Begini Cara Menyeduh dan Menikmati Kopi Hitam Ala Barista

- 21 Maret 2021, 11:15 WIB
Begini Cara Menyeduh dan Menikmati Kopi Hitam Ala Barista
Begini Cara Menyeduh dan Menikmati Kopi Hitam Ala Barista /Literasi News/Hasbi NR/Literasi News

Literasi News- Menyeduh kopi di kedai kopi atau coffe shop biasanya dilakukan oleh seorang barista. Sebab tidak sembarang orang bisa menyajikan kopi nikmat.

Untuk menyeduh kopi hitam, sebenarnya bukanlah hal yang sulit, tetapi terkadang ada sebagian orang merasa hal ini adalah sesuatu yang ribet. Padahal sejatinya proses menyeduh merupakan bagian dari cara menikmati kopi itu sendiri.

Tidak mengherankan jika tren kopi masa kini banyak mempertontonkan atraksi menyeduh kopi dengan berbagai macam metode, mulai dari menggunakan perangkat yang sederhana (teko dan air panas) hingga ke perangkat rumit dengan beberapa alat tambahan seperti V60, Flat Bottom, Moka Pot, Vietnam Drip, French Press dan lain-lain.

Baca Juga: Pilihan Kopi Seseorang Bisa Menggambarkan Karakternya. Bagaimana dengan Anda ?

Meskipun kebiasaan minum kopi di tanah air cukup sederhana, dalam hal ini kopi tubruk yang sangat populer, tetapi eksplorasi cara menyeduh kopi yang datang dari luar cukup memikat khalayak. Bahkan tidak jarang orang yang awalnya tidak pernah minum kopi, berkat adanya ekplorasi itu menjadi tertarik untuk minum kopi.
 
Untuk diketahui, kopi yang beredar di pasaran biasanya berjenis Arabica dan Robusta. Banyak tersedia dalam bentuk bubuk dan beragam ukuran, jadi silahkan pilih sesuai selera.

Sebagai gambaran umum kopi robusta cenderung memiliki caffein lebih tinggi dan rasanya dominan pahit, sedangkan kopi arabica berkafein lebih rendah dan mempunyai rasa asam (kadar acidity-nya lebih tinggi).

Baca Juga: Profesi Barista Makin Menjanjikan. Penghasilan Per Bulan Capai Puluhan Juta

Penyajian dan menyeduh kopi tubruk relatif mudah, cukup sediakan kopi bubuk (banyak di pasaran) air panas dan gula. Untuk sementara tidak usah berpikir jenis kopinya, yang penting beli kopi yang dikemas dengan baik.

Berikut ini cara sederhana untuk memulai menyeduh kopi sendiri supaya hasilnya nikmat :

1. Siapkan air panas (kondisi terbaik sekitar 90-97 derajat C) acuannya didihkan air kemudian diamkan selama beberapa detik sampai hilang buihnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x