Muhasabah Pagi : Jangan Terjebak, Kehidupan di Dunia Ini Hanya Sesaat Seperti Permainan akan Berakhir

- 12 Maret 2021, 06:26 WIB
Muhasabah Pagi : Jangan Terjebak, Kehidupan di Dunia Ini Hanya Sesaat Seperti Permainan akan Berakhir
Muhasabah Pagi : Jangan Terjebak, Kehidupan di Dunia Ini Hanya Sesaat Seperti Permainan akan Berakhir /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Kita pasti mengenal istilah kata main (game dalam bhs. Inggris). Main adalah kata yang mengandung arti melakukan sesuatu untuk menyenangkan hati atau mempertunjukkan dan tontonan.

Sebagai contoh, ketika kita melihat permainan sepak bola, semua pemain dari kedua kesebalasan tertuju kepada bola. Mereka akan saling berebut satu sama lain, saling kejaran, tidak sedikit dengan main sikut dan dorong demi benda yang namanya bola.

Namun setelah peluit panjang wasit berbunyi yang menandakan permainan telah usai, maka semua pemain dengan sadar meninggalkan bola yang pada mulanya mereka perebutkan itu.

Baca Juga: BMKG : Sebagian Wilayah Jawa Barat Waspadai Potensi Hujan Disertai Petir, Jumat Ini

Mereka tidak tertarik lagi dengan bola yang awalnya mereka perebutkan karena permainan sudah usai, dan bola ditinggalkan begitu saja.

Demikian pula dengan kehidupan dunia, Allah SWT berfirman:

اعْلَمُوٓا أَنَّمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌۢ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِى الْأَمْوٰلِ وَالْأَوْلٰدِ   ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُۥ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطٰمًا   ۖ وَفِى الْأَاخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوٰنٌ   ۚ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ إِلَّا مَتٰعُ الْغُرُورِ

Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan. Seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.
(QS. Al-Hadid 57: Ayat 20).

Baca Juga: BMKG : Sebagian Wilayah Jakarta Hujan Pada Jumat 12 Maret 2021 Siang Hingga Sore

Di dunia ini adalah permainan, tetapi banyak di antara manusia terjebak dengan permainan ini yang seakan sebenarnya. Mereka saling kejaran dengan berbagai macam cara, saling sikut, saling jegal demi yang namanya dunia yang akan menjadi kebanggaanya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x