Olah Telur Jadi Tepung, Solusi Jitu Atas Masalah Saat Harga Melonjak ataupun Stok Melimpah

- 13 Maret 2021, 11:35 WIB
Olah Telur Jadi Tepung, Solusi Jitu Atas Masalah Saat Harga Melonjak ataupun Stok Melimpah
Olah Telur Jadi Tepung, Solusi Jitu Atas Masalah Saat Harga Melonjak ataupun Stok Melimpah /Istimewa/Dok. Literasi News

Literasi News - Pengolahan telur menjadi tepung diklaim menjadi siasat jitu, ketika stok telur melimpah dan harga tak bersahabat. Apalagi, telur menjadi komoditas yang seringkali mengalami fluktuasi harga, terutama menjelang hari besar.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian (BB Pascapanen) Badan Litbang Pertanian, Prayudi Syamsuri mengatakan, tepung telur merupakan salah satu produk olahan telur yang mudah dan tidak memerlukan teknologi rumit.

Telur ayam merupakan sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi karena nutrisinya tinggi, mudah diperoleh, dan tersedia setiap saat dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Aliran Sesat Hakekok di Pandeglang, Berikut Ritual Tak Lazim yang Dilakukannya

Komposisi nutrisi telur cukup lengkap dan seimbang dengan kandungan protein yang termasuk paling tinggi. Telur juga merupakan bahan pangan yang paling mudah dicerna sehingga baik untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh.

Telur juga mengandung 11 macam vitamin, yakni vitamin A, vitamin B2, B5, B6, B12, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan mineral dalam telur antara lain folat, fosfor, selenium, kalsium, dan seng. Telur juga memiliki kalori yang rendah sehingga aman untuk diet.

"Prinsipnya adalah mengeringkan telur sampai kadar air di bawah 10 persen. Alat pengeringnya bisa menggunakan pengering yang sederhana, misalnya mengeringkan dengan oven, pengering tipe rak, drum dryer, dan molen dryer," kata dia.

Baca Juga: Begini Cara Cek Riwayat Tagihan Listrik PLN, Simak Penjelasannya

Apabila telah diolah, tepung telur dinilai memiliki kelebihan dalam segi umur simpan, bisa tahan hingga satu tahun. Penyimpanannya pun relatif lebih mudah, kandungan gizi dan sifat fungsionalnya tetap terjamin serta jangkauan pemasarannya lebih luas.

Tepung telur dengan karakteristik yang baik dan biaya produksi pengolahannya rendah, sangat potensial untuk diterapkan pada skala industri kecil menengah (UMKM) sebagai peluang untuk meningkatkan nilai tambah dan diversifikasi produk olahan telur. Selain itu bisa sebagai penyangga saat harga telur jatuh ataupun over produksi.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x