Tips Menyeduh dan Menikmati Kopi Hitam

- 11 Oktober 2020, 12:33 WIB
Kopi Hitam
Kopi Hitam /Literasi News/Hasbi NR
Literasi News- Menyeduh kopi hitam bukanlah hal yang sulit, tetapi terkadang ada sebagian orang yang merasa hal ini adalah sesuatu yang ribet. Padahal sejatinya proses penyeduhan adalah bagian dari cara untuk menikmati kopi itu sendiri.
 
Tidak mengherankan jika tren kopi masa kini banyak mempertontonkan atraksi seduh kopi dengan berbagai macam metode, mulai dari perangkat yang sederhana (teko dan air panas) sampai ke perangkat yang rumit dengan beberapa alat tambahan antara lain V60, Flat Bottom, Moka Pot, Vietnam Drip, French Press dan lain-lain.
 
Meskipun kebiasaan minum kopi di tanah air cukup sederhana dalam hal ini kopi tubruk yang sangat populer, namun eksplorasi cara seduh kopi manual yang datang dari luar cukup memikat khalayak, bahkan tidak jarang orang yang tidak pernah minum kopi jadi tertarik untuk minum kopi.
 
 
Kopi yang beredar di pasaran biasanya berjenis Arabica dan Robusta banyak tersedia dalam bentuk bubuk dan beragam ukuran, jadi silahkan pilih sesuai selera.
 
Sebagai gambaran umum kopi robusta cenderung memiliki caffein lebih tinggi dan rasanya dominan pahit, sedangkan kopi arabica berkafein lebih rendah dan mempunyai rasa asam (kadar acidity-nya lebih tinggi).
 
Penyajian kopi tubruk relatif sangat mudah, cukup sediakan kopi bubuk (banyak di pasaran) air panas dan gula. Sementara tidak usah berpikir kepada apa jenis kopi nya yang penting beli kopi yang dikemas dengan baik.
 
 
Berikut cara sederhana untuk memulai menyeduh kopi anda sendiri :
 
1 Siapkan air panas (kondisi terbaik sekitar 90-97 derajat C) acuan nya didihkan air kemudian diamkan selama beberapa detik sampai hilang buihnya.
2 Masukan 2,5 sendok teh kopi bubuk ke dalam gelas
3 Seduh kopi dengan air panas sekira 150 - 200ml
4 Diamkan sebentar (3-4 menit) agar kopi terekstraksi sempurna
5 Tambahkan sedikit gula sesuai selera (jangan lebih dari 3 sendok teh) lalu diaduk perlahan. Jika tanpa gula sebaiknya jangan diaduk, tunggu hingga ampas kopi yang mengambang turun ke dasar gelas.
 
Cara tersebut diatas tidak mengikat, bisa dimodifikasi sesuai selera. Misalnya, bisa langsung dicampurkan gula dan kopi sebelum diseduh atau anda menambahkan takaran kopinya, silahkan ber-improvisasi.
 
 
Hanya disarankan (bila sudah terbiasa) kurangi sedikit demi sedikit takaran gulanya, agar anda dapat lebih menikmati cita rasa kopinya.
 
Tidak ada aturan khusus bagi anda untuk menikmati kopi, namun tidak salah juga jika anda mengetahui cara yang benar menikmati kopi, sesuai khaidah yang ditentukan para ahli kopi.
 
1 Minumlah secara perlahan tidak tergesa-gesa dengan menyeruput sedikit dari tepi gelas. Biarkan cairan kopi tersebut masuk ke rongga mulut (langit-langitnya)
 
 
2.Bagi yang belum biasa usahakan minum kopi tidak dalam keadaan perut kosong Untuk menjaga kesegaran kopi anda simpan kopi pada media yang kedap udara (seperti toples kaca kedap udara) jangan simpan kopi di tempat terbuka karena akan merusak kualitas kopinya.
 
Demikian cara dan metode menyeduh dan menikmati kopi, pada prinsipnya ngopi itu bebas kembali ke selera anda masing-masing. Salam Kopi ... hitam (bersambung).***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x