Ketua KPU Jabar: Sosok atau Figur Calon Kepala Daerah Berpengaruh Terhadap Pastisipasi Masyarakat

- 21 November 2020, 15:42 WIB
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Sosok atau figur calon kepala daerah menjadi faktor yang paling mempengaruhi pemilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat gelaran pesta demokrasi, pilkada serentak 2020 nanti.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat, Rifqi Ali Mubarok, kepada wartawan, di Bandung, Jumat 20 November 2020.

Rifqi mengungkapkan, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi, terdapat kekhawatiran turunnya tingkat partisipasi pemilih pada Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember mendatang.

Baca Juga: Lagi Temuan Kasus Positif di Pesantren, Kali ini 14 Santri Dinyatakan Positif Terkonfirmasi Covid-19

"Faktor ketertarikan untuk memilih ada kepada faktor calon. Mau pandemi atau tidak, kalau calonnya menarik maka orang pasti akan datang ke TPS," kata Rifqi.

Rifqi mencontohkan Pemilihan Presiden Amerika Serikat yang juga digelar saat pandemi. Karena calonnya dua dan sangat polarisasi, akhirnya orang mau menggunakan hak pilihnya.

"Hal paling penting dalam Pilkada ini sosok calon. Ini menentukan, figur calon yang bisa menarik pemilih untuk datang ke TPS," tandas Rifqi.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Portugal Seri Pamungkas 2020, Malam Ini Kualifikasi, Minggu Balapan Disiarkan Trans7

Disisi lain, jelas Rifqi, walapun KPU sudah melakukan sosialisasi tetapi kemudian calonnya tidak menarik bagi pemilih, nantinya bisa saja orang tahu Pilkada tapi tidak datang ke TPS.

"Menurut saya, ada bencana atau tidak, sepertinya tidak terlalu mempengaruhi tingkat partispasi," pungkasnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x