Ini Hasil Survey LSI Denny JA untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020

- 26 November 2020, 21:14 WIB
Penelitian Senior LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, menyampaikan hasil survey terhadap pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2020, Kamis 26 November 2020.
Penelitian Senior LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, menyampaikan hasil survey terhadap pemilihan bupati dan wakil bupati Cianjur 2020, Kamis 26 November 2020. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Lembaga Survey Indonesia (LSI) Network Denny JA memprediksi sejumlah kemungkinan yang terjadi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur, Jawa Barat yang akan dihelat 9 Desember 2020 mendatang.

Berdasarkan hasil survey terhadap 440 responden, pada 9-14 November 2020 dengan menggunakan metode multistage random sampling, dan wawancara tatap muka. Elektabilitas pasangan calon bupati nomor urut 3, Herman Suherman-Tb Mulyana Syachrudin masih cukup unggul dibandingkan tiga pasangan calon lainnya.

"Hasil Survey dengan margin of error sebesar 4,8 persen. Pasangan Herman Suherman-Tb Mulyana Syachrudin berada di posisi 57,3 persen," kata Penelitian Senior LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, kepada wartawan, Kamis 26 November 2020.

Baca Juga: Lebih Lengkap, Bantuan Subsidi Upah Rp1,8 juta Bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan di PTN maupun PTS

Dengan angka hasil survey yang di raih paslon nomor urut tiga itu, lanjut Toto, paslon lain yang ikut dalam kontestasi Pilkada Cianjur 2020 masih harus bekerja keras untuk dapat unggul dalam pesta demokrasi itu.

Dalam survey itu, lanjutnya, untuk pasangan nomor urut 1, Mochamad Toha-Ade Sobari berada di angka 4,8 persen, pasangan nomor urut 2, Oting Zainal Mutaqien-Wawan Setiawan berada di angka 10,2 persen, dan paslon nomor urut 4, Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja di angka 19,1 persen.

"Terbuka peluang besar untuk menang dalam kontestasi Pilkada Cianjur 2020 bagi pasangan Herman-Tb Mulyana, karena posisi elektabilitas tiga kandidat paslon lainnya cukup berat untuk bisa menyalip pasangan incumbent itu. Karena selisihnya bukan saja sudah jauh diatas margin of error 4,8%, tapi juga sisa waktu pelaksanaan Pilkada 9 Desember yang kurang dari satu bulan lagi," ujarnya.

Baca Juga: Bayar Kurang Rp1 juta per Bulan, Guru & Penyelenggara Pendidikan Dapat Rumah Baru dari Bataru

Potensi kemenangan dari pasangan incumbent ini juga terpotret dari beberapa variabel penting dalam survey. Misalnya, dukungan unggul yang relatif merata di semua segmen demografis seperti gender, usia, suku, agama, ormas, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, profesi, dan zona dapil.

"Bahkan, pada segmen pemilih partai politik, pasangan Herman-Tb Mulyana cukup jauh meninggalkan yang lain. Dukungan cukup solid datang dari pemilih PDIP dan Golkar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x