Bayar Kurang Rp1 juta per Bulan, Guru & Penyelenggara Pendidikan Dapat Rumah Baru dari Bataru

- 26 November 2020, 13:48 WIB
Program bakti padamu guru (bataru) Jawa Barat, ada 20.000 rumah subsidi untuk guru dan tenaga kependidikan
Program bakti padamu guru (bataru) Jawa Barat, ada 20.000 rumah subsidi untuk guru dan tenaga kependidikan /Instagram/@disdikjabar

 

Literasi News - Di Jawa Barat, ada lebih dari 200.000 guru yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota. Itu belum termasuk penyelanggara pendidikan lainnya seperti tenaga administrasi, tenaga laboratoriuim, tenaga perpustakaan, hinggga penjaga sekolah.

Masih banyak di antara mereka yang hingga kini belum memiliki rumah karena berbagai hal. Apalagi, harga rumah terus merangkak naik.

"Selama ini para guru dan tenaga pendidik lainnya kesulitan mendapatkan rumah sendiri dan hanya pindah dari satu rumah kontrakan ke kontrakan lain. Kondisi ini memprihatinkan mengingat jasa guru yang tak terhingga terhadap dunia pendidikan nasional," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar Dedi Sopandi, Rabu, 25 November 2020.

Baca Juga: Program Bataru dari Pemprov Jabar, Rumah Bersudsidi untuk Penyelenggara Pendidikan PAUD hingga SMA

Bercermin dari hal tersebut, Pemprov Jabar meluncurkan program Bataru (Bakti Padamu Negeri) oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Sekolah Cakra Buana, Kota Depok. Bertepatan dengan Hari Guru Nasional dan HUT ke-75 PGRI, Rabu kemarin.

Peluncuran Bataru ditandai dengan penandatanganan MoU antara Pengembang Indonesia dengan bank bjb tentang Program Rumah Subsidi untuk Guru dan Tenaga Kependidikan.

Setelah MoU, Dedi berharap akan dilanjutkan peletakan batu pertama disaksikan Kementerian Perumahan Rakyat, dan paling cepat Desember 2020 sudah ada akad kredit. "Mudah-mudahan bisa cepat akad kredit karena antusiasmenya tinggi," pungkasnya.

Baca Juga: Penjaga Sekolah pun Bisa Punya Rumah Berkat Program Bataru, Ini Persyaratannya

Harga rumah bersubsidi itu Rp150 juta dengan tipe 30-36. Cicilannya pun cukup murah yaitu Rp900.000 per bulan.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Humas Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x