Begini Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan Suara Pilkada Cianjur ditengah Pandemi Covid-19

- 21 November 2020, 18:42 WIB
Simulai pemungutan suara ditengah pandemi dilaksanakan KPU Cianjur Sabtu 21 November 2020
Simulai pemungutan suara ditengah pandemi dilaksanakan KPU Cianjur Sabtu 21 November 2020 /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020 ditengah pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu terlihat saat simulasi pemungutan suara Pilkada Cianjur yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat di halaman Kantor Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Sabtu 21 November 2020.

Sebelum memasuki tempat pemungutan suara (TPS), setiap pemilih wajib mengenakan masker dan menunggu panggilan di tempat yang sudah disiapkan. Kurs tempat menunggu juga jaraknya telah diatur sedemikian rupa.

Baca Juga: Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda Serahkan Bantuan Dana Pendidikan Bagi 30.150 Siswa di Kab. Karawang

Setelah mendapat panggilan, setiap pemilih menuju ke petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Di pintu masuk menuju TPS, terdapat tempat mencuci tangan lengkap dengan sabun cair dan tisu.

Selain itu sisiapkan satu orang petugas linmas yang khusus bertugas mengukur suhu tubuh setiap pemilih yang masuk TPS menggunakan thermogun.

Jika suhu tubuh normal, pemilih yang dipanggil menuju ke meja petugas KPPS. Di sana petugas KPPS memberikan surat suara sekaligus memberikan sarung tangan plastik yang digunakan saat mencoblos.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Juara 1, 2, dan 3 Semua Cabang serta Golongan MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020

Di setiap bilik suara telah tersedia alat coblos. Seusai mencoblos, setiap pemilih memasukan surat suara ke kotak suara yang tersedia di dekat pintu keluar.

Setelah selesai memasukkan surat suara ke kotak suara, jari setiap pemilih ditandai tinta dengan cara diteteskan. Setelah itu, mereka meninggalkan TPS.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x