Rawan Hoax, Warga Sekitaran Merapi Harus Selalu Cek Infonya ke Link Ini

- 20 November 2020, 11:13 WIB
Badan Geologi PVMBG-BPPTKG merilis, daerah bahaya di sekitaran Merapi sebanyak 30 dusun
Badan Geologi PVMBG-BPPTKG merilis, daerah bahaya di sekitaran Merapi sebanyak 30 dusun /Dok. BPPTKG – PVMBG BADAN GEOLOGI – KESDM/

Literasi NewsBadan Geologi meminta masyarakat, khususnya yang berada di kawasan  Gunung Merapi, DIY, jangan terpancing isu menyesatkan alias hoax. Masyarakat harus selalu melakukan pengecekan info valid mengenai perkembangan aktivitas gunung Merapi melalui link ini: https://merapi.bgl.esdm.go.id/

Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono mengatakan kondisi Merapi terkini data-data hasil pemantauan, Merapi masih menunjukkan aktivitas yang cukup tinggi, baik dari data kegempaan maupun deformasi. PVMBG-BPPTKG merilis, daerah bahaya di sekitaran Merapi sebanyak 30 dusun.

“Selalu ikuti informasi dari sumber yang terpercaya, dan jangan mudah terpancing oleh berita yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat dapat bertanya langsung ke pos pengamatan Merapi terdekat atau langsung ke media-media informasi BPPTKG,” kata Eko, melalui siaran persnya, Jumat 20 September 2020.

Baca Juga: Catat, Pembayaran Batuan Subsidi Upah Kemendikbud Rp1,8 juta bisa Dibatalkan. Simak Penjelasannya

Eko menegaskan, pihaknya mengimbau masyarakat di kawasan rawan bencana tersebut hanya mengikuti rekomendasi dari BPPTKG serta arahan dari BPBD dan pemerintah daerah setempat. 

Dikatakan, Badan Geologi melalui PVMBG-BPPTKG hingga kini terus meningkatkan kemampuannua dalam mitigasi Merapi, seperti meningkatkan kualitas jaringan pemantauan, menyebarluaskan informasi aktivitas Merapi terkini, serta meningkatkan kapasitas masyarakat melalui sosialisasi di dusun-dusun di kawasan rawan bencana.

“Koordinasi dengan BPBD tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat, pemerintah daerah, BMKG, SAR, PMI, Dinas Kesehatan, TNI-Polri, Taman Nasional Gunung Merapi, serta relawan di sekitar Merapi juga terus kami lakukan,” katanya.

Baca Juga: Beredar Data Penerima BSU Kemendikbud di WAG, Detail mulai Nama, NIK, SK BSU, Norek dan Nama Ibu

Hingga saat ini, lanjut Eko, data-data pemantauan masih menunjukkan aktivitas yang cukup tinggi, baik dari data kegempaan dan deformasi.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x