Merapi Hari Ini, Suara Guguran Material Terdengar Hingga ke Permukiman Warga

- 15 November 2020, 13:11 WIB
Gunung Merapi Level Siaga. Suara guguran material terdengar hingga berkilo-kilometer.
Gunung Merapi Level Siaga. Suara guguran material terdengar hingga berkilo-kilometer. /Twitter.com/@jalinmerapi

 

Literasi News - Setelah status Gunung Merapi ditingkatkan dari waspada menjadi siaga pada 5 November lalu, aktivitasnya terus meningkat. Guguran terus terjadi dan menimbulkan suara gemuruh yang terdengar sampai pemukiman warga di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Guguran material itu masuk ke Kali Senowo, sebagian masuk Kali Apu di Klakah, Kabupaten Boyolali. "Guguran bisa terdengar. Kalau kabut hanya bisa terlihat. Kalau cerah itu kadang terlihat gugurannya," ungkap Staf Ahli Geologi Gunung Api BPPTKG Yogyakarta Ir Dewi Sri Sayudi sesuai sosialisasi bahaya Merapi di Balai Desa Jrakah, pada Sabtu,15 November 2020.

Baca Juga: Hati-hati dengan Obat Warung. Biar Aman, Ini Petunjuknya

Pihaknya mengimbau masyarakat yang dekat dengan kawasan lava, ikut memantau aktivitas Merapi. Selain itu, harus siaga menghadapi potensi erupsi Merapi.

"Masyarakat ini kunci keberhasilan penanganan bencana Merapi. Evaluasi akan semakin detail kalau ada tambahan informasi dari masyarakat," jelasnya.

Dia juga menyampaikan, kegempaan Merapi seismisitas dan kegempaan deformasi masih meningkat. Peningkatan aktivitas setiap hari terjadi.

Baca Juga: Lagi, Anggota DPRD Kabupaten Cianjur Positif Terpapar Covid-19

"Pada Sabtu, deformasi Merapi 12-13 cm per hari tertangkap dari Pos Babadan," katanya.

Menurut dia, pergerakan magma terus terjadi ke sektor barat laut. Saat ini ada pemendekan deformasi pemendekan ke arah barat laut.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x