Merapi Hari Ini, Warga Masih Mencari Rumput Hingga Radius 3 Km dari Puncak

- 15 November 2020, 13:20 WIB
BUNKER Merapi di Kaliadem, Cangkringan Sleman.*
BUNKER Merapi di Kaliadem, Cangkringan Sleman.* //Azam Sauki Adam via PORTAL JOGJA


Literasi News - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meminta warga selalu waspada kemungkinan erupsi Gunung Merapi. Termasuk saat beraktivitas sehari-hari seperti saat mencari rumput untuk pakan ternak.

Apalagi, apabila aktivitas tersebut dilakukan di zona rawan bencana yang berjarak kurang dari lima kilometer dari puncak. Soalnya, banyak warga mencari rumput untuk pakan ternak hingga mendekati puncak merapi.

"Daerah jelajah warga yang mencari rumput ini bisa sampai ke atas, bahkan sampai radius tiga kilometer dari puncak Merapi. Dengan perkembangan aktivitas Merapi saat ini kami minta warga tetap selalu waspada terhadap setiap perkembangan aktivitas Merapi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman Makwn di Sleman, Minggu, 15 November 2020, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Gempa Mengguncang Lagi Kabupaten Bandung, Bulan Ini sudah Dua Kali Terjadi

Dia mengatakan, pencari rumput memang rata-rata sudah mengenal medan di kawasan lereng Merapi. Namun, kewaspadaan tetap diperlukan karena aktivitas vulkanik gunung itu sangat memungkinkan tiba-tiba naik.

"Selain itu, saat ini juga sudah masuk musim hujan, sehingga cukup rawan," katanya.

Ia mengimbau, apabila tetap mencari rumput hingga ke atas, sebaiknya dalam kondisi fisik sehat. Sehingga, apabila terjadi sesuatu di lereng Merapi, bisa bergerak dengan cepat untuk menghindar.

Baca Juga: Lagi, Anggota DPRD Kabupaten Cianjur Positif Terpapar Covid-19

"Utamanya warga yang masih muda. Meskipun banyak juga warga yang sudah tua juga terbiasa mencari rumput di atas," katanya.

Pihaknya berupaya membantu warga pencari rumput dengan menyediakan kendaraan angkutan. Jadi, warga warga bisa bersama-sama saat mencari pakan ternak.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x