Satu Dasawarsa Merapi, Hadapi Bencana Dengan Catur Gatra

- 13 November 2020, 14:39 WIB
Tahun 2010 lalu, Gunung Merapi meletus dengan dahsyat. Kini, tepat 1 dasawarsa, Merapi mulai aktif lagi. Warga mesti bersiap-siap menghadapinya.
Tahun 2010 lalu, Gunung Merapi meletus dengan dahsyat. Kini, tepat 1 dasawarsa, Merapi mulai aktif lagi. Warga mesti bersiap-siap menghadapinya. /RRI/

 

Literasi News - Tahun ini, tepat satu dasawarsa letusan Gunung Merapi yang terjadi 10 tahun silam. Sejak awal awal tahun, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pun telah banyak melakukan kajian terkait Merapi.

Pada akhir Oktober 2020 sempat digelar webinar dengan narasumber dari BPBD Jateng, BPBD DIY, akademisi, komunitas relawan lereng Merapi, pemerintah desa, hingga warga yang tinggal di Kawaran Rawan Bencana.

Baca Juga: Berikut Ini Lirik Lagu 'Tanpa Batas Waktu' Soundtrack Sinetron Ikatan Cinta di RCTI

Dalam webinar itu dibahas berbagai hal soal Gunung Merapi mulai dari aspek vulkanisme, ketangguhan warga, manajemen penganggulangan bencana, dan sistem peringatan dini.

Khusus soal mitigasi, BPPTKG sudah sejak lama mensosialisasikannya. Mitigasi itu dinamakan Catur Gatra Ngadepi Bebaya Gunung Merapi.

Di dalamnya lebih kepada hal-hal yang harus dilakukan warga dalam setiap status keaktifan Merapi. Terbagi dalam 4 level yaitu Normal, Waspada, Siaga, dan Awas. Berikut rinciannya.

Baca Juga: Apa Kata Kopi Favoritmu Tentang Karakteristikmu? Simak Ulasannya

Normal (Level 1)

- Lakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: BPPTKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x