Ini Cara Online Mengidentifikasi Posisi Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi

- 10 November 2020, 21:29 WIB
Ilustrasi google maps lokasi gunung merapi
Ilustrasi google maps lokasi gunung merapi /Dok. LIterasi News/Google Maps

Literasi News - Masyarakat dapat mengidentifikasi posisi secara real-time terhadap potensi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi. Caranya memanfaatkan teknologi informasi berbasis internet melalui aplikasi google maps.

Hal ini perlu dilakukan mengingat status vulkanik Gunung Merapi yang naik menjadi Level III atau ‘Siaga.’ Melalui kesiapsiagaan sejak dini, masyarakat akan mampu terhindar dari bahaya.

Dengan aplikasi google maps diharapkan akan membantu masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di KRB Gunung Merapi untuk dapat mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Baca Juga: Pemuda Tinggal di Desa, Rejeki Kota dan Bisnis Mendunia

Dilansir dari laman resmi BNPB, aplikasi tersebut dapat diakses dengan mudah menggunakan ponsel berbasis Android dan iOS. Hanya dengan mengklik tautan, akan menampilkan peta dalam mode hybrid dan satelit serta keberadaan atau posisi saat berada di KRB beserta informasi mengenai risikonya. 

Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB akan terus memperbaharui informasi mengenai zona berbahaya yang direkomendasikan oleh Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Kementerian ESDM. 

Masyarakat membutuhkan solusi yang mudah serta cepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan, dapat mengikuti langkah-langkah berikut melalui ponsel :

Baca Juga: Lagi Ramai Jadi Perbincangan, Penjaga Warung di Cianjur Mirip Anya Geraldine

1. Buka Browser 
2. Ketik bit.ly/CekPosisiMerapi 
3. Link tersebut akan menyambungkan dengan peta KRB yang telah terhubung dengan google maps
4. Klik, buka untuk menyimpan otomatis tautan pada peta
5. Perhatikan lokasi Anda. Pastikan berada di luar zona SIAGA.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x