Kejaksaan Cianjur Tangani 150 Perkara Pidana Umum dan Khusus, Periode Januari - Oktiber 2020

- 26 Februari 2021, 08:32 WIB
Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Komaidi, mengatakan  Periode Januari - Oktiber 2020 menangani 150 Perkara Pidana Umum dan Khusus
Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Komaidi, mengatakan Periode Januari - Oktiber 2020 menangani 150 Perkara Pidana Umum dan Khusus /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Kejaksaan Negeri Cianjur, Jawa Barat mencatat selama periode Januari-Oktober 2020 menangani sebanyak 150 perkara pidana umum dan perkara cukai atau pidana khusus.

Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur, Komaidi mengatakan dari ratusan perkara itu, di antaranya 24 perkara narkotika jenis ganja dengan barang bukti sebanyak 6.913,19 gram, 80 perkara narkotika jenis sabu-sabu sebanyak 508,43 gram.

Selanjutnya obat-obatan terlarang sebanyak 6 perkara, kepemilikan senjata tajam sebanyak 36 perkara, uang palsu 3 perkara, dan 1 perkara pidana khusus cukai rokok.

Baca Juga: Renungan Jumat : Berikut Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan dan Dilakukan oleh Seorang Pemimpin

Selain eksekusi badan yang terpidananya masuk ke rutan atau lapas, lanjut Komaidi, barang bukti yang menyertai perkaranya juga dilakukan pemusnahan.

"Pemusnahan barang bukti hasil kejahatan tersebut merupakan rangkaian peradilan pidana antaraparat penegak hukum. Dimulai dari aparat kepolisian yang diteruskan ke aparat kejaksaan dan selanjutnya ke pengadilan," kata Komaidi, kepada wartawan, Jumat 26 Februari 2021.

Eksekusi merupakan rangkaian terakhir dari setiap perkara panjang. Dengan dilakukannya eksekusi, maka setiap perkara dinyatakan sudah selesai. "Perkaranya sudah final atau berkekuatan hukum tetap (inkracht)," jelasnya.

Baca Juga: Saksikan Hercai S3 dan Oh My Ghost, Berikut Jadwal NET TV Hari Ini Jum'at, 26 Februari 2021

Berbagai eksekusi pidana umum dan khusus itu, kata Komaidi, merupakan perkara yang ditangani selama Januari-Oktober 2020. Jumlah perkaranya relatif cukup banyak. "Itu selama 10 bulan pada 2020 lalu," tegasnya.

Komaidi berharap dengan terus terungkapnya berbagai kasus pidana umum dan khusus itu maka akan berdampak kepada kenyamanan dan keamanan masyarakat.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x