Tim Penjinak Bom Sterilisasi Gereja, Antisipasi Aksi Teror Saat Natal dan Tahun baru

- 23 Desember 2020, 21:29 WIB
Tim Penjinak Bom Brimob Polda Jabar tengah melakukan Sterilisasi Gereja di Cianjur, Antisipasi Aksi Teror Saat Natal dan Tahun baru
Tim Penjinak Bom Brimob Polda Jabar tengah melakukan Sterilisasi Gereja di Cianjur, Antisipasi Aksi Teror Saat Natal dan Tahun baru /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Sebanyak 15 gereja di Kabupaten Cianjur dilakukan sterilisasi oleh tim penjinak bom (Jibom) Brimob Polda Jawa Barat, Rabu 23 Desember 2020. Sterilisasi dilakukan untuk mengantisipasi aksi teror pada saat perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kanit Jibom Brimob Polda Jawa Barat, Iptu Seno Sudjatmiko, mengatakan belasan gereja yang ada di seluruh Jawa Barat, termasuk Cianjur dilakukan sterilisasi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Selain sebagai upaya mencegah terjadinya aksi teror, jelas Seno, kegiatan itu juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Natal 2020.

Baca Juga: Wow, Fantastis. Jumlah Hits Pencarian Data Penerima Bansos Kemensos Mencapai Puluhan Juta

"Ada 10 personel yang dilibatkan, kami menyisir setiap tempat yang ada di dalam maupun gereja. Agar masyarakat yang merayakan Natal aman dan nyaman saat melakukan peribadatan," kata Seno, kepada wartawan, Rabu.

Seno menyebutkan, dalam proses sterilisasi itu jajarannya menggunakan sejumlah alat, di antaranya alat detektor logam, dan alat deteksi radio aktif (Riders Eye X).

"Secara keseluruhan seluruh gereja dalam situasi aman dan kondusif. Kami berharap perayaan Natal berjalan aman dan khidmat," pungkasnya.

Baca Juga: Guru Honorer Madrasah Ada 864.000 Orang, Kemenag Minta Tahun 2021 Mereka bisa Diangkat PNS atau PPPK

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Natal Gereja Santo Petrus, Cianjur, Dionisius, mengatakan berterima kasih kepada jajarannya TNI-Polri, terutama Brimob Polda Jawa Barat yang telah melakukan sterilisasi di gerejanya.

Dion mengungkapkan, dalam perayaan Natal tahun ini kegiatan peribadatan dilakukan dengan cara tatap muka dan live streaming.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x