BPIP RI Bangun Sinergi dengan Lekasila Magatra ISBI Bandung, Bahas Pembinaan Ideologi Pancasila

- 17 November 2020, 22:49 WIB
BPIP RI dan Lekasila Magatra ISBI Bandung bangun sinergi bahas pembinaan ideologi Pancasila
BPIP RI dan Lekasila Magatra ISBI Bandung bangun sinergi bahas pembinaan ideologi Pancasila /Literasi News/Hasbi NR

Literasi News - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI menggelar rapat koordinasi dengan Lembaga Kajian Nilai-Nilai Pancasila melalui Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (Lekasila Magatra) ISBI Bandung guna membangun sinergi dalam rangka pembinaan ideologi Pancasila.

Pertemuan dihadiri Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP Dr Rima Agristina SH SE MM, Rektor ISBI Bandung, Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen.,M.Hum, Ketua Lekasila Magatra Dr. Zaini Alif beserta pengurus KPOTI berlangsung di Bandung Selasa 17 November 2020. Rapat tersebut bertujuan membangun sinergi antara BPIP dengan Lekasila Magatra ISBI Bandung.

Dalam diskusi terungkap, BPIP bekerja sama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) telah membuat PancaMain Indonesia sebagai Alat Pengendalian Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Baca Juga: Subsidi Rp1,8 juta untuk Guru dan Tenaga Kependidikan non-PNS di Kemenag

Permainan tradisional ini memuat materi penguatan karakter dan nilai-nilai Pancasila. Dengan latar belakang itu, BPIP berharap bisa membangun sinergi terkait pengembangan PancaMain Indonesia.

Salah satu bentuk sinergi konkrit, BPIP memberi mandat kepada Lekasila Magatra membuka acara peluncuran PancaMain Indonesia dalam bentuk pertunjukan tari, dikaitkan dengan momentum hari anak. Peluncuran akan berlangsung tanggal 20 November 2020 di Perpustakaan Nasional Jakarta.

Nantinya di acara tersebut akan ada pengarahan dari Presiden Joko Widodo. Acara ditayangkan pula secara daring pada Peringatan 30 tahun pemerintah Indonesia meratifikasi konvensi hak anak, sekaligus peringatan hari anak Internasional tahun 2020.

Baca Juga: Subsidi Upah Rp1,8 juta Cair! Klik Link Ini, Unduh, Print, Bawa ke Bank dan Aktifkan Rekening

Deputi mengungkapkan harapannya bisa menumbuhkan kesadaran generasi muda tentang asal dan jatidiri mereka sehingga bisa menghargai budaya sendiri. Ia mengapresiasi upaya ISBI terutama dengan hadirnya Lekasila Magatra.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x