Kemasan Video Bergaya Komik Racikan Divisi Kompetisi Siap Meriahkan Pekan Kebudayaan Nasional 2020

- 31 Oktober 2020, 06:57 WIB
Tangkapan layar video bergaya komik yang disiapkan tim divisi kompetisi
Tangkapan layar video bergaya komik yang disiapkan tim divisi kompetisi /Dok.Literasi News/

Literasi News - Gabungan video peserta Kompetisi Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional yang nantinya akan ditayangkan dalam Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2020, dikemas dan disajikan tim Divisi Kompetisi dengan konsep atau gaya komik. PKN akan digelar Kemendikbud selama satu bulan penuh.

Pilihan itu diambil sebagai upaya menarik minat generasi muda untuk menyaksikan video kompetisi permainan rakyat dan olahraga tradisional. Sebab komik dinilai lebih santai dan familiar, sehingga diharapkan pesan pesan pada video tersebut menjadi mudah dicerna.

Sebanyak sepuluh orang tim editor dan ilustrator hingga Jumat 30 Oktober 2020 malam bekerja keras menyelesaikan pekerjaan mereka di Aula eL Hotel Royale Kota Bandung Jawa Barat. Akhirnya melalui proses yang cukup memakan waktu, mereka bisa menyelesaikan editing video ke tujuh cabang yang dilombakan di kompetisi.

Baca Juga: Sayembara Logo Hari Guru Nasional Berhadiah Puluhan Juta, Segera Daftar Sebelum Ditutup

Seperti layaknya paket program acara tayangan stasiun televisi, tayangan hasil akhir videonya mengalir mulai pembukaan hingga penutup. Konsep komik dengan berbagai variasi tayangan, didukung dengan ilustrasi dan animasi membuat sajian video setiap cabang lomba menjadi lebih segar.

Tangkapan layar video bergaya komik yang disiapkan tim divisi kompetisi
Tangkapan layar video bergaya komik yang disiapkan tim divisi kompetisi
Apalagi tayangan yang dihadirkan sudah lengkap dengan hadirnya empat orang narator dan komentaror dari publik figure. Sehingga ketika menyaksikan tayangannya sudah tak ada bedanya dengan program program televisi.

Perbedaan mencolok dan ciri khas konsep komik ini dibandingkan penyajian standar, yaitu pada penyekatan gambar dibagi menjadi beberapa bidang dengan batas pemisah dibuat khas garis garis seperti layaknya buku komik.

Baca Juga: Exco PSSI Putuskan Tunda Kompetisi Tahun Ini, Rencana akan Dimulai lagi Awal 2021

Contohnya, dalam gambar dibagi beberapa bidang seperti narator dan komentator di bidang satu, gambar peserta di bidang lainnya. Namun hubungan setiap bidang gambar tetap terjaga, ada keterkaitan.

Selain itu berbagai ilustrasi dan variasi animasi yang dihadirkan, termasuk untuk transisi atau pergantian gambar ke gambar lainnya cukup unik, variatif, dan menarik.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x