Ini 7 Cabang Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional yang Dikompetisikan Daring/Virtual di PKN

- 29 Oktober 2020, 16:35 WIB
Penjurian Kompetisi Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional PKN
Penjurian Kompetisi Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional PKN /Literasi News/Hasbi NR

Literasi News - Pekan Kebudayaan Nasional 2020 akan berlangsung 31 Oktober - 30 November mendatang. PKN tahun ini mengusung tema penguatan tubuh masyarakat dalam perspektif kebudayaan, let's name it "culture resilince'". PKN nantinya akan menghadirkan ribuan seniman tradisi, kontemporer dan urban.

Khusus Divisi Kompetisi yang digelar Kemendikbud bersama KPOTI saat ini baru menyelesaikan proses penjurian, berlangsung di eL Hotel Royale Kota Bandung Jawa Barat. Ketua tim kurator Penjurian Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Dr Zaini Alif mengatakan ada tujuh cabang yang dikompetisikan secara daring dan virtual. Ketujuh nama cabang lomba dan penjelasan singkatnya sebagai berikut.

LAMA-RUN EGRANG HALANG RINTANG yaitu kompetisi memainkan egrang tanpa terjatuh dengan melewati halang rintang. Prakteknya dilakukan di daerah masing-masing dengan menggunakan potensi budaya, potensi alam dan lingkungan yang dihadirkan proses merekam video yang akan diikutsertakan dalam kompetisi.

Baca Juga: Permainan dan Olahraga Tradisional Butuh Kajian Ilmiah, Dosen ISBI Rintis Bentuk Lekasila Magatra

LOMBA KREASI BAKIAK (LOBAK) yaitu lomba kreasi bakiak/terompah panjang secara virtual dengan mengkomposisikan gerakan kreatif dan menarik, diambil dari keragaman dan kekayaan gerak tari di masyarakat nusantara. Kekuatan dan kedisiplinan gerak dari permainan bakiak dan tari kreatif manjadi magnet tersendiri bagi masyarakat menikmati sajian dari ompetisi ini.

BOLAK BALIK BALOK yaitu lomba ketangkasan menggunakan media potongan balok secara virtual, dilakukan dengan cara berlari bolak balik dengan Jarak dan waktu yang sudah ditentukan. Lomba ini menghasilkan point dari jumlah bolak-balik yang dilakukan, tantangan fisik dan ketangguhan dengan memanfaatkan potensi SDM setempat, sehingga menjadikan BBB ini cabang yang menarik bagi peserta tiap daerah.

Penjurian divisi Kompetisi PKN 2020
Penjurian divisi Kompetisi PKN 2020 Hasbi NR
CONGKLAK VIRTUAL yaitu kompetisi congklak diselenggarakan secara virtual berbasis website. Kompetisi ini mempertemukan perwakilan peserta dari seluruh Indonesia. Peserta bermain dari tempat atau rumah masing-masing, dengan cara ini diharapkan ada keterhubungan potensi tradisi dan teknologi. Sehingga seluruh peserta Nusantara bisa berlomba dan berkompetisi walaupun jarak mereka ribuan kilometer.

Baca Juga: 1 November 2020 Umroh Dibuka, Hampir 60 Persen Calon Jemaah Indonesia Tak Bisa Berangkat Karena Ini

LAMA-RUN EGRANG KREASI GERAK, yaitu kompetisi memainkan egrang tanpa terjatuh dipadukan dengan gerakan kreatif, inovatif dan tingkat kesulitan tinggi serta dilakukan di daerah masing masing tempat. Ketangkasan dan keseimbangan memainkan egrang dipadu gerak tradisi dari masyarakat adalah bagian penting dari Egrang kreasi Ini.

LOMBA PAPANCAKAN TERTINGGI (LOMPATI) yaitu kompetisi menyusun batuan/ Rock Balancing dengan cara menggunakan logika keseimbangan, sehingga bisa tersusun dan tanpa terjatuh. Papancakan menumpuk atau menyusun batu setinggin yang bisa dicapai ini diberi waktu selama 3 menit.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x