BP2D Akan Segera Lakukan Riset Soal Implementasi Perda Pesantren, Sidkon Djampi: Sangat Menarik!

- 14 Agustus 2023, 16:37 WIB
BP2D Akan Segera Lakukan Riset Soal Implementasi Perda Pesantren, Sidkon Djampi: Sangat Menarik!.
BP2D Akan Segera Lakukan Riset Soal Implementasi Perda Pesantren, Sidkon Djampi: Sangat Menarik!. /Dok DPRD Jabar

Literasi News - Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PKB Sidkon Djampi menyampaikan kabar baik mengenai implementasi Perda No 1 Tahun 2021 tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren atau Perda Pesantren di Jawa Barat.

Sebagaimana disampaikan Sidkon Djampi usai melakukan kunjungan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat, dalam pertemuan ini Sidkon berdiskusi bersama Kepala BP2D Jawa Barat Linda Al-Amin, dan jajaran di Jl. Kawaluyaan Indah Raya, Buahbatu, Kota Bandung, Senin, 14 Agustus 2023.

Diketahui sebelummya Sidkon Djampi menyamapaikan usulan terkait perlu dibentuknya Desa Otonomi Khusus di kawasan dengan jumlah santri atau pesantren yang banyak, seperti di Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon.

Baca Juga: Disaksikan Gus Muhaimin, 5.000 Alumni Ponpes Al-Musri Cianjur Nyatakan Dukung Ketum PKB Jadi Presiden 2024

"Untuk Menindaklanjuti usulan itu saya tadi pagi bertemu dengan Kepala BP2D beserta jajaran untuk mendiskusikan tindak lanjut usulan desa otonomi khusus di Jawa Barat ini," kata Sidkon Djampi saat diwawancara oleh wartawan Senin,14 Agustus 2023.

Sidkon memberikan bocoran hasil pertemuan tersebut, dimana dalam waktu dekat BP2D akan melakukan riset yang berkaitan dengan Perda Pesantren, termasuk di dalamnya mengenai usulan Desa Otonomi Khusus di kawasan pesantren.

"Jadi bukan hanya soal Desa otonomi khusus saja yang akan di riset oleh mereka tetapi juga lebih jauh adalah kaitanya dengan Pesantren dan hadirnya Perda Pesantren nomor 1 tahun 2021 di Jawa Barat," jelas Sidkon.

Baca Juga: Pembukaan PKN di Lumbung Permainan Rakyat Komunitas Hong, Dolanan Diharapkan Berperan dalam Literasi Parenting

Ketua Pansus Perda Pesantren ini menyampaikan, lewat riset ini muncul kesimpulan apa saja bisa difasilitasi oleh APBD Provinsi Jawa Barat terhadap kebutuhan-kebutuhan mendasar di pesantren yang harus dibantu oleh APBD.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x