Kritisi Implementasi Perda Pesantren, Sidkon Djampi: Belum Jelas Arahnya Kemana

- 14 Mei 2023, 15:13 WIB
Kritisi Implementasi Perda Pesantren, Sidkon Djampi: Belum Jelas Arahnya Kemana.
Kritisi Implementasi Perda Pesantren, Sidkon Djampi: Belum Jelas Arahnya Kemana. /DPRD Jabar

Literasi News - Perda Pesantren merupakan janji Gubernur Jawa Barat yang digaungkan Ridwan Kamil sejak dia melakukan kampanye bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dalam Pilgub 2019 lalu.

Perda Pesantren atau Perda Fasilitasi Penyelanggaraan Pesantren disahkan dalam Rapat Paripurna Gubernur Jawa Barat dan DPRD Jabar pada 1 Februri 2021 lalu.

Meskipun sudah dua tahun lebih disahkan, implementasi Perda Pesantren belum dapat dirasakan oleh warga pesantren di Jawa Barat, hal ini terjadi karena tidak jelasnya blueprint atau cetak biru Perda Pesantren dari Pemprov Jabar.

Baca Juga: Nyentrik, PKB Subang Daftarkan 50 Bacaleg Ke KPU Pakai Ojol

Sebagaimana disampaikan Ketua Pansus Perda Pesantren Sidkon Djampi, ia menyebut dua tahun sejak disahkan Perda Pesantren seharusnya sudah memberikan dampak besar untuk kemajuan dunia pesantren.

"Ini terkait dengan program fungsi dakwah dan fungsi pemberdayaan Pesantren ini masih belum jelas itu arahnya akan kemana," kata Sidkon Djampi saat dihubungi wartawan pada Minggu, 14 Mei 2023.

Sidkon mendesak Pemerintah provinsi Jawa Barat agar segera dibenahi, kemana arah fasilitasi penyelenggaraan Pesantren ini.

Karenanya Politisi PKB ini mengusulkan sejumlah program terkait Implementasi Perda Pesantren ini di antaranya, pertama revitalisasi asrama santri dan pembangunan asrama santri .

"Kedua, memfasilitasi perpustakaan digital di pondok pondok pesantren. Saya belum melihat kondisi perencanaan ini ke depan, yang Ketiga Bantuan Operasional Pesantren, yang ini dirumuskan seperti apa arahnya," ujar Sidkon

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x