Anggaran Pendidikan 2023 Naik 5,8 Persen, Ketua Komisi X : Harus Benar-benar untuk Fungsi Pendidikan

- 22 Agustus 2022, 14:19 WIB
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda.
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. /Yusup Supriatna /dpr.go.id

Literasi News - Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menaikan jumlah alokasi dana pendidikan di APBN tahun 2023.

Syaiful Huda menjelaskan kenaikan alokasi anggaran pendidikan hingga Rp603,8 triliun pada 2023 tentu cukup besar.

Menurutnya ada kenaikan hingga Rp 28 triliun atau 5,8 persen jika dibandingkan dengan outlook alokasi anggaran pendidikan tahun ini yang sebesar Rp 574,9 triliun.

Baca Juga: Transfer Anggaran Bagi Daerah Tahun 2023 Mencapai Rp811, 7 Triliun, Ada 4 Kebijakan Umum TKD

Kendati demikian harus dipastikan jika anggaran pendidikan benar-benar 100 persen untuk fungsi pendidikan.

“Kami tentu sangat mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi untuk menaikkan anggaran pendidikan dalam APBN tahun depan sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kita. Tetapi harus dipastikan jika anggaran pendidikan tersebut benar-benar untuk fungsi pendidikan,” kata Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda pada Senin, 22 Agustus 2022.

“Kenaikan ini tentu kita syukuri karena ada banyak persoalan pendidikan yang bisa mendapatkan solusi dengan komitmen kenaikan anggaran dari Presiden Jokowi ini,” kata dia.

Huda mengatakan tren alokasi anggaran pendidikan terus naik setiap tahun. Kendati demikian kenaikan ini kerap tidak berbanding lurus kualitas pendidikan di tanah air.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Optimis Kunjungan Wisatawan Mancanegara Tahun 2022 Mencapai Target 3,6 Juta

Dari sisi kemampuan esensial peserta didik di bidang literasi, numerik, dan sains misalnya siswa Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan dengan siswa negara lain.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x