Kelas Nyaris Ambruk, Siswa SDN Sukagalih di Cianjur Terpaksa 'Ngampar' Belajar di Mushala

- 15 Agustus 2022, 16:11 WIB
Siswa SDN Sukagalih, Kampung Benda, Desa Mekargalih, Cikalongkulon, Cianjur, terpaksa belajar di Mushala, tanpa meja dan kursi.
Siswa SDN Sukagalih, Kampung Benda, Desa Mekargalih, Cikalongkulon, Cianjur, terpaksa belajar di Mushala, tanpa meja dan kursi. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Siswa SDN Sukagalih, Kampung Benda, Desa Mekargalih, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, terpaksa belajar di Mushala tanpa meja dan kursi.

Para siswa yang terdiri dari kelas 4, 5, dan 6 itu terpaksa belajar beralaskan lantai (ngampar) karena tiga ruangan kelas yang biasa digunakan kegiatan belajar mengajar (KBM) nyaris ambruk dimakan usia.

Kepala SDN Sukagalih, Wiwi Ruhiana mengatakan bangunan ruang kelas sudah puluhan tahun tidak tersentuh perbaikan ataupun pembangunan sehingga kondisinya sangat memperihatinkan.

Disebutkan Wiwi, kegiatan belajar mengajar terpaksa dipindah ke Mushala untuk mengantisipasi ruangan kelas ambruk.

"Siswa kelas 4,5,6 terpaksa belajar beralaskan lantai atau ngampar, karena ruang kelas mereka kondisinya nyaris ambruk karena termakan usia," kata Wiwi, kepada wartawan.

Wiwi menyebutkan, pihak sekolah sudah beberapa kali mengajukan pembangunan ke pemerintah daerah. Namun, tidak pernah ada realisasi.

Baca Juga: Tak Ada Akses Jembatan, Siswa SD di Cikadu Cianjur Bertaruh Nyawa Demi Menuntut Ilmu di Sekolah

"Sudah dua periode kepala sekolah atau sekitar 10 tahun mengajukan bantuan namun tak pernah kunjung menjadi kenyataan dibangun," jelasnya.

Para siswa di tiga kelas itu, menurut Wiwi, belajar ngampar secara bergiliran, ada yang masuk pagi dan masuk pukul 10.00 WIB. Mereka mengaku tak nyaman dan cepat pegal karena belajar ngampar alias tidak duduk di kursi dan menulis di meja.

"Keputusan ini diambil pihak sekolah, setelah kita melakukan pertemuan dengan komite dan orangtua untuk tak memakai tiga ruangan tersebut karena khawatir dengan keselamatan murid," ujarnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x