Dubes Azerbaijan Hadiri Sidang Promosi Doktor Mahasiswa S3 Pascasarjana UIN Bandung

- 17 Agustus 2022, 19:24 WIB
Dubes Azerbaijan Hadiri Sidang Promosi Doktor Mahasiswa S3 Pascasarjana UIN Bandung.
Dubes Azerbaijan Hadiri Sidang Promosi Doktor Mahasiswa S3 Pascasarjana UIN Bandung. /Dok Pascasarjana UIN Bandung

Literasi News - Duta Besar (Dubes) Azerbaijan Mr Jalal Mirzayev bersama staff kedutaan menghadiri promosi Doktor Moch Riza Fahmi mahasiswa S3 Studi Agama-agama Pascasarjana UIN Bandung pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Mr Jalal Mirzayev menjelaskan kehadirannya di UIN Bandung untuk mengapresiasi penelitian Riza yang mempromosikan multikulturalisme, toleransi dan kerukunan umat beragama di negaranya Azerbaijan.

“Saya sangat senang sekali bisa berkunjung kekampus Islam terbaik di Bandung dan melihat secara langsung promosi Doktor saudara Moch Riza Fahmi yang telah melaksanakan riset di Azerbaijan dan melihat secara langsung kehidupan umat beragama antara muslim Syiah-Sunni yang hidup dan beribadah bersama dengan harmonis. Begitu juga hubungan muslim dan umat Yahudi yang hidup rukun di Negara kami," kata Mr Jalal Mirzayev sebagaimana rilis yang diterima wartawan Rabu, 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Sejarah Merah Putih: Mulai dari Mitologi Austronesia, Panji Kerajaan, hingga Bendera Indonesia

Sebelumnya Mr Mirzayev sudah berkunjung ke Kantor Pusat PB Nahdlatul Ulama (PBNU) dan bertemu dengan Ketum PBNU Gus Yahya Staquf untuk menjalin kerjasama dengan organisasi Islam yang moderat di Indonesia.

Dalam sidang promosi Doktor, Moch Riza Fahmi mempertahankan hasil riset disertasinya yang berjudul Multikulturalisme di Azerbaijan;Studi Relasi Agama, Negara dan Masyarakat dihadapan para Guru Besar UIN Bandung.

Riza menjelaskan ketertarikannya dengan Azerbaijan karena Negara ini mampu menjaga toleransi antar umat beragama dan memberikan rasa keadilan bagi etnis minoritas.

"Ketika banyak konflik dan perang yang terjadi antara Syiah-Sunni, sikap intoleran terhadap etnis, agama minoritas di Negara-negara Timur Tengah dan Islamophobia di Barat, Negara Azerbaijan justru menunjukkan pada kita bahwa semua etnis, Bangsa dan Agama bisa hidup berdampingan dengan harmonis," ujarnya

Riza mengatakan Indonesia dan Azerbaijan bisa bekerjasama mempromosikan nilai-nilai multikultur yakni toleransi, pengakuan keberadaan etnis minoritas dan rasa keadilan sosial pada seluruh Negara-negara di dunia terutama negara yang mayoritas muslim.

Baca Juga: 16 Partai Politik Terancam Tak Bisa Ikut Pemilu 2024, 24 Parpol Dilanjutkan ke Verifikasi Administrasi

"Gagasan Menjaga dunia dan merawat peradaban ini mari kita mulai di Kota Parahiyangan Bandung yang memiliki masyarakat multietnis dan multiagama," paparnya.

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x