Akankah Formasi Guru Honorer Agama Masuk Seleksi PPPK 2021 ?. Ini Kata Mendikbud

- 14 Maret 2021, 19:22 WIB
Benarkah Formasi Guru Honorer Agama Masuk Seleksi PPPK 2021 ?. Ini Kata Mendikbud
Benarkah Formasi Guru Honorer Agama Masuk Seleksi PPPK 2021 ?. Ini Kata Mendikbud /Kemendikbud

Literasi News - Kabar gembira bagi guru honorer agama. Nasib mereka di seleksi 1 juta guru PPPK 2021 mulai ada titik terang, menyusul adanya pernyataan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim saat rapat kerja dengan Komisi X DPR RI.

Mendikbud memastikan bahwa guru honorer pendidikan agama, seni dan olahraga masuk dalam formasi seleksi 1 juta guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021.

"Semua guru seni, olahraga dan guru agama semuanya termasuk dalam seleksi PPPK. Kita sudah koordinasi dengan Kementerian Agama untuk memastikan bahwa akan masuk," katanya.

Baca Juga: Kemenag Harap Guru Honorer Agama Bisa Isi Kuota PPPK 2021 yang Belum Terisi

Selain itu, Mendikbud juga menegaskan semua guru honorer bisa mengikuti seleksi PPPK tahun ini. Namun untuk seleksi tahap pertama pada Agustus 2021 akan diprioritaskan dulu bagi guru honorer yang mengajar di sekolah negeri masing masing.

Sementara guru honorer di sekolah swasta termasuk lainnya juga bisa mengikuti seleksi tahun ini pada seleksi ke dua dan tiga. Bagi guru honorer swasta yang mengikuti seleksi dan lolos, maka akan ditugaskan di sekolah negeri dan berstatus aparatur sipil negara (ASN), bukan bertugas di sekolah swasta.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) berharap guru honorer agama bisa mengisi kuota rekrutmen PPPK Kemendikbud yang masih belum terisi. Sebab formasi PPPK Kemendikbud tahun ini yang mencapai 1 juta masih belum terpenuhi.

Baca Juga: Siapa yang Berhak Mendapat Bantuan Kuota Internet? Ini Ketentuan Baru Tahun 2021

Hingga 5 Maret 2021, kebutuhan formasi yang diajukan Pemda ke KemenPAN-RB baru mencapai 568.238. Itu artinya masih ada selisih 431.762 formasi yang belum terisi.

Demikian dikatakan Sekjen Kemenag Nizar melalui laman resmi Kemenag. "Semoga honorer guru agama nantinya bisa mengisi formasi yang belum terisi tersebut," katanya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x