Mendikbud: Formasi Guru CPNS Tetap Ada, Tak akan Dihapus. Namun Rekrutmen 2021 Fokus Guru PPPK

- 6 Januari 2021, 11:46 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan formasi guru CPNS Tetap Ada, tidak akan dihapus, hanya tahun ini fokus rekrutmen guru PPPK
Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan formasi guru CPNS Tetap Ada, tidak akan dihapus, hanya tahun ini fokus rekrutmen guru PPPK /Youtube/MENDIKBUD RI

Literasi News - Menteri Kependidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan bahwa formasi CPNS guru ke depan tetap akan ada. Sebab kebijakan itu akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Namun untuk rekrutmen tahun 2021, rekrutmen guru honorer sampai kapasitas 1 juta melalui jalur PPPK. "Memang, fokus tahun ini perekrutan guru honorer sampai kapasitas 1 juta (guru yang diangkat yang lulus seleksi tes) melalui jalur PPPK," ujarnya

Hal itu dikatakan Nadiem menjawab beredarnya kabar bahwa tidak akan ada lagi formasi guru CPNS, dan rekrutmen guru akan dialihkan semuanya melalui jalur PPPK yang menuai reaksi berbagai kalangan.

Baca Juga: Sinopsis Jodha Akbar Episode 111: Jalal Berkata Jika Jodha Telah Membuatnya Patah Hati

"Ingin saya koreksi mispersepsi terkait kabar tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru. Ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud," tulis Nadiem pada postingan di Instagramnya.

Oleh karena itu, Nadiem mengungkapkan, pihaknya mendorong agar para guru honorer serta lulusan pendidikan profesi guru segera melamar supaya bisa menjadi PPPK.

Ia mengatakan kinerja yang baik sebagai guru PPPK, nantinya akan menjadi pertimbangan penting, ketika guru yang bersangkutan melamar CPNS.

Baca Juga: Hore, Pembuatan dan Perpanjangan SIM Gratis Untuk 7 Kelompok Masyarakat Sebagai Berikut

"Kami terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapat kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya," katanya.

Sementara itu Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril dalam siaran pers kementerian melalui laman AntaraNews mengatakan guru akan tetap ada dalam formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x