Inilah Tanggapan Kemendikbud Ada Atau Tidaknya Formasi CPNS Untuk Guru

- 5 Januari 2021, 12:50 WIB
Seorang guru memberikan arahan kepada siswa saat pengumpulan tugas di SD Negeri 2 Tlogolele, Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (16/11/2020).
Seorang guru memberikan arahan kepada siswa saat pengumpulan tugas di SD Negeri 2 Tlogolele, Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (16/11/2020). /Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO

Literasi News - Terkait simpang siurnya ada atau tidaknya  formasi guru untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil( PNS) mendapat tanggapan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dimana Kemendikbu dalam siran pressnya menyatakan bahwa guru akan tetap ada dalam formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Baca Juga: Guru Dihapus dari Formasi CPNS, Kata BKN Merujuk pada Negara Maju

"Formasi CPNS bagi guru tetap akan diadakan ke depannya, di samping perekrutan guru PPPK skala besar yang menjadi fokus pemerintah di tahun 2021," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril,Selasa 5 Januari 2021.

"Kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi," ia menambahkan.

Ia menjelaskan bahwa pemerintah tahun ini fokus melakukan perekrutan hingga satu juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian Kerja (PPPK).

Baca Juga: PPPK Diadakan untuk Mengakomodir Guru Honorer yang Tidak Masuk Kriteria PNS, bukan Menghapus CPNS

Pemerintah, ia melanjutkan, mendorong para guru honorer serta lulusan pendidikan profesi guru melamar menjadi guru PPPK. Kinerja guru sebagai PPPK akan menjadi bagian dari pertimbangan penting dalam penerimaan CPNS.

"Kemendikbud terus berupaya memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya," kata Iwan.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x