Dinas PUPR Cianjur Inventarisir Ruas Jalan Terdampak Bencana Hidrometeorologi

- 20 November 2020, 13:22 WIB
Ilustrasi Jalan Terdampak Bencana di Cianjur
Ilustrasi Jalan Terdampak Bencana di Cianjur /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menginventarisasi sejumlah ruas jalan kabupaten yang terdampak bencana hidrometeorologi. Hal itu berkaitan dengan rencana perbaikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, mengaku mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi saat ini berdampak terhadap kondisi infrastruktur jalan.

Tak sedikit kejadian bencana yang terjadi sekarang menutup ruas jalan ataupun merusak kondisi jalan. "Ada memang beberapa ruas jalan yang rusak akibat bencana. Tapi ada juga ruas jalan yang hanya tertutup material tanah longsor," kata Eri kepada wartawan, Jumat 20 November 2020.

Baca Juga: Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur Tiba di Lokasi Debat Publik

Eri mengungkapkan, untuk penanganan infrastruktur jalan rusak akibat bencana, Dinas PUPR menunggu penetapan status kebencanaannya. Jika kepala daerah menetapkan status tanggap darurat bencana di daerah yang terkena bencana, maka penanganannya akan ditanggulangi menggunakan biaya tak terduga (BTT). "Itu nanti ditangani langsung oleh BPBD," ungkapnya.

Sebaliknya, kata Eri, jika tidak ada penetapan status tanggap darurat bencana, maka akan diambil langkah-langkah darurat. Selanjutnya penanganan pascabencana dilakukan Dinas PUPR.

"Itu kalau sifatnya lokal. Artinya tidak ada penetapan status tanggap darurat bencana. Minimalnya dalam kondisi darurat kendaraan bisa lewat dulu," tuturnya.

Baca Juga: Bawaslu Cianjur Pantau dan Awasi Debat Publik Pilkada Cianjur, Penerapan Prokes Jadi Perhatian

Secara umum, kata Eri, kondisi jalan mantap di Kabupaten Cianjur mendekati akhir tahun ini diprediksi mencapai sekitar 63 persen atau 819 kilometer dari panjang jalan berstatus milik kabupaten sepanjang 1.300 kilometer.

Berdasarkan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), pada 2021 target jalan mantap di Kabupaten Cianjur bisa mencapai 65 persen. "Tapi kita berusaha agar jalan mantap bisa lebih dari itu (target RPJMD). Setiap tahun kita selalu evaluasi," terang Eri.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x