Presiden Buka MTQ Nasional ke-28 di Sumatera Barat, Diikuti 32 Provinsi

- 15 November 2020, 06:08 WIB
Presiden Joko Widodo membuka MTQ Nasional ke 28 di Sumatra Barat
Presiden Joko Widodo membuka MTQ Nasional ke 28 di Sumatra Barat /Kemenag/Danil

Literasi News - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 di Sumatera Barat resmi dibuka secara daring oleh Presiden Joko Widodo. Pembukaan MTQ dilakukan di Stadion Utama Nagari Sikabu Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu 14 November 2020 malam.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan defile kafilah dari 32 provinsi yang akan tampil pada 8 cabang MTQ, yaitu; seni baca Alquran, qira'atal Quran, hafalan Al-Quran, tafsir Al-Quran, fahmil Al-Quran, seni kaligrafi Al-Quran, syarhil Al-Quran, dan cabang karya tulis ilmiah Al-Quran.

Dilansir dari laman resmi kementerian agama, Presiden mengatakan dalam MTQ ini akan tampil qori-qoriah, hafiz-hafizah, dan mufassir-mufassirah dari seluruh Indonesia. Generasi muda yang siap berkompetisi sehat, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islam sebagaimana ahklak Rasulullah.

Baca Juga: Mensos: Bantuan Sosial Tunai Diperpanjang hingga 2021, sudah Disetujui Presiden

Dengan  demikian, lanjut Presiden, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Quran tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin baik dan membumikan Al-Quran, mengajak kesadaran beragama yang humanis dan terbuka. "Dan yang sangat penting sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak muslimin dan muslimat," tandasnya.

Presiden mengatakan penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat membumikan Al-Quran dan menegakkan syiar Islam untuk memperkokoh nilai-nilai agama dan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

Menurut Presiden, bagi kaum muslimin, Al-Quran merupakan sumber dan rujukan aktual sepanjang masa. Berisi nilai-nilai luhur yang universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. "Al-Quran mengajak semua manusia untuk kerja sama dalam taqwa dan kebaikan," ujar Presiden.

Baca Juga: Morbidelli Pole Position, Pebalap Tiga Besar Klasemen Quartararo, Mir dan Rins Posisi 11, 12, dan 14

Dikatakan Presiden,  kita patut meneladani pribadi Nabi Muhammad SAW, kepribadian dan kemuliaan ahklak yang bersumber dari Al-Quran, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan dan perbuatan yang menyakiti sesama.

Sementara itu, Menag Fachrul Razi dalam sambutannya mengatakan, MTQ tidak cukup hanya sebagai syiar Islam dan kesemarakan semata. "Al Quran harus difungsikan sebagai penuntun kehidupan umat, baik secara pribadi maupun masyarakat, sehingga terwujud kualitas kehidupan beragama yang semakin baik," kata Menag.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x