Ingin Mendapatkan Ketenangan? Amalkan Shalawat Nabi yang Memiliki Sejumlah Keutamaan

- 13 November 2020, 14:18 WIB
Kaligrafi lafadz nabi Muhammad
Kaligrafi lafadz nabi Muhammad /Masmufid/

Literasi News - Membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah perintah langsung dari Allah SWT. Alasan mendasar kenapa kita harus bershalawat adalah sebagai bentuk rasa syukur dan ekspresi kecintaan kepada baginda Muhammad SAW.

Kata shalawat itu sendiri mengandung arti do’a, jika datang dari Allah SWT berarti pemberian rahmat. Dan seorang umat muslim yang bershalawat senantiasa bermohon agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Jika dari malaikat berarti memohon ampunan dari Allah SWT.

Shalawat memiliki banyak keutamaan yang akan didapat oleh orang yang mengamalkannya. Adapun keutamaan itu diantaranya:

Baca Juga: Merapi Hari Ini, Terjadi 115 Gempa, Penambangan dan Pendakian Dihentikan

1. Dikabulkannya do’a
Orang yang sering membaca shalawat akan dikabulkan setiap do’a yang dipanjatkannya. Hal ini senada dengan hadist Nabi Muhammad SAW, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

2. Dijanjikan pahala berlipat
Keutamaan shalawat yang lain bagi orang yang membacanya maka Allah menjanjikan pahala yang berlipat. Hal ini senada dengan hadist Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Baca Juga: Perkuat Pemikiran dan Kajian Strategis, Gubernur Jatim Resmikan Pusat Studi

3. Diangkat derajatnya
Selain itu orang yang membaca shalawat akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT dan dihapuskannya dosa serta ditambahkannya kebaikan. Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula." (HR Ahmad).

4. Dikumpulkan di surga bersama Nabi Muhammad SAW
Orang yang membaca shalawat secara terus menerus akan mendapatkan suatu kebahagiaan kelak di hari akhir yaitu dikumpulkan di surga bersama Nabi. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

5. Mendapatkan syafa’at Nabi
Orang yang sering membaca shalawat juga akan mendapatkan syafa’at (pertolongan) dari baginda Nabi Muhammad SAW kelak di hari akhir. Syafa’at baginda Nabi Muhammad SAW adalah hikmah yang didamba-dambakan oleh setiap umat muslim. Karena dengan syafa’at itu kita akan mendapatkan ampunan dan akan meraih kebahagiaan di akhirat.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x