Ayah Bunda. Ini 4 Hal Penting Dalam Mendidik Anak Menurut Cak Nun

- 14 November 2020, 10:34 WIB
Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun
Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun /Katacaknun/

Literasi News - Anak adalah salah satu kebahagiaan dan karunia yang diberikan oleh Sang Maha Kuasa bagi sebuah keluarga. Kehadirannya selalu menjadi salah satu yang dinanti-nantikan oleh pasangan suami istri.

Selain itu anak juga dapat menjadi partner yang menghantarkan orang tua ke jalan yang baik jika di didik dengan pola asuh yang baik. Namun sebaliknya, jika pola asuh yang diterapkan keliru, maka ada berbagai dampak serius bagi orang tua dan anak.

Dampak itu bukan hanya menyangkut pertumbuhan secara fisik anak saja, tetapi secara karakter dan sikap akan lebih dominan karena akan membentuk kepribadian anak hingga dewasa.

Baca Juga: Mengenal WJIS: Upaya Pemprov Jabar Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Wilayah

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan dalam mendidik anak? Berikut ada 4 hal penting menurut Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun dalam mendidik anak yang dapat diterapkan oleh orang tua:

1. Tanamkan akhlak yang baik.
Akhlak yang baik dapat menjadi bekal utama anak dalam berperilaku sehari-hari. Menanamkan akhlak pada anak juga merupakan salah satu investasi yang baik bagi kehidupan dunia dan akhirat sang anak. Ini menjadi hal penting. Karena, akhlak menjadi pondasi utama bagi tumbuh kembang karakter yang akan terus dibawa hingga anak tumbuh dewasa.

2. Ajarkan disiplin sekeras mungkin.
Perilaku disipin merupakan salah satu komponen dari penanaman akhlak pada anak. Perilaku ini menunjukkan keteraturan dan ketertiban dalam melakukan segala sesuatu.

Baca Juga: Berikut 4 Alasan Mengapa Cafe Disukai Milenial Untuk Menjadi Tempat Nongkrong

Latihlah anak agar memiliki perilaku disiplin dalam beribadah atau dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sampaikan kebiasaan disiplin pada anak sejak dini, mulai dari hal kecil yang dapat dicontohkan secara langsung oleh orang tua dalam kegiatan sehari-hari.

3. Ajarkan anak untuk menghitung segala sesuatu.
Pelajaran menghitung sama pentingnya bagi anak. Menghitung bukan berarti belajar terkait teori matematika yang diajarkan di sekolah saja. Namun menghitung disini lebih dominan untuk mengajarkan anak agar mulai mau menghitung segala sesuatunya dengan baik.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x