Persiapan Imunisasi Vaksin Covid, Kemenkes Uji Vaksin di Puskesmas

- 7 Oktober 2020, 16:26 WIB
Ilustrasi: Petugas memeriksa hasil reagen rapid test COVID-19.
Ilustrasi: Petugas memeriksa hasil reagen rapid test COVID-19. //ANTARA//Destyan Sujarwoko

Litersai News - Persiapan imunisasi vaksin Covid akhir tahun 2020 kementerian Kesehatan gelar simulasi uji coba vaksin COVID-19 di sejumlah Puskesmas

Berdasarkan siaran pers Kementerian Kesehatan yang dikutip di Litersai News.com, Rabu, Kemenkes telah melakukan uji coba vaksin COVID-19 antara lain di Kota Bogor dan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes M Budi Hidayat memastikan bahwa vaksin yang akan diberikan kepada peserta imunisasi aman, sehingga tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan karena vaksin terpilih telah melewati sejumlah rangkaian uji coba dan telah teruji secara klinis.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Unjuk Rasa Jangan Sampai Jadi Klaster Baru

“Sekarang sedang diteliti dan diupayakan untuk meminimalisasi risiko-risiko yang akan terjadi, kalau memang ada risiko pasti tidak akan kita lakukan. Yang sudah diberikan ini, yang sudah aman,” kata Budi

Ia menyebutkan tahapan uji coba vaksinasi ini merupakan bagian dari kesiapan Indonesia untuk melakukan vaksinasi massal apabila sewaktu-waktu vaksin definitif COVID-19 telah ditemukan.

“Saat ini kita siapkan dulu SOP, SDM dan logistik yang diperlukan untuk menyatakan kita siap melakukan vaksinasi massal,” katanya.

Baca Juga: Strategi Kaderisasi di Masa Pandemi, Korps PMII Putri Kota Bandung Gelar SKK

Pihaknya menekankan bahwa keselamatan tenaga kesehatan dan peserta vaksinasi adalah prioritas utama. Para tenaga kesehatan yang bertugas mengimunisasi akan menggunakan APD level 2 serta apron, sementara bagi masyarakat harus menerapkan 3M. Yaitu sebelum uji coba vaksin harus mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu, menggunakan masker dan menjaga jarak aman antar peserta.

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x