Sebanyak 500 Tenaga Kesehatan Meninggal Dunia di Masa Pandemi Covid-19. Berikut ini Ajakan Menkes

- 12 Januari 2021, 17:17 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan tenaga medis yang meninggal dimasa pandemi mencapai 500 orang
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan tenaga medis yang meninggal dimasa pandemi mencapai 500 orang /Instagram Kemenkes

Literasi News - Jumlah tenaga kesehatan yang meninggal di masa pandemi sudah lebih dari 500 jiwa. Oleh karena itu, semua pihak diminta untuk proaktif, utamanya dalam upaya melaksanakan pencegahan.

“Mari kita hormati rekan-rekan tenaga kerja kesehatan yang sudah mendahului kita agar pengorbanan mereka itu tidak sia-sia. Mereka memerangi pandemi ini dan semoga kita bersama bisa mengatasi pandemi ini,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Menkes menyampaikan, upaya dari sisi hulu dibutuhkan selain untuk mencegah banyaknya orang yang terpapar COVID-19 juga untuk mengurangi beban rumah sakit dan juga tenaga kesehatan.

Baca Juga: Gara-gara Pandemi Covid-19, Sony Tunda Penayangan Film Morbius si Musuh Bebuyutan Spiderman

“Kita harus membantu mereka dengan menaati protokol kesehatan. Saya minta tolong patuhi protokol kesehatan: pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, dan jangan berkerumun,” pinta Menkes.

Dikutip Literasinews dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin 11 Januari 2021, di Kantor Presiden, Jakarta, Menkes juga menyarankan masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan tidak memiliki gejala untuk dapat melakukan isolasi mandiri.

“Kalau misalnya Bapak-Ibu tidak demam dan tidak sesak napas itu masih bisa dilakukan isolasi mandiri. Kalau Bapak-Ibu punya rumah sendiri, punya kamar sendiri lakukan di rumah dan kamar,” ujarnya.

Baca Juga: Aji Hilang, Tenggelam Terbawa Sungai Cisokan Sukaluyu Cianjur. Tim Gabungan Lakukan Pencarian

Menkes pun menyampaikan akan meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana isolasi mandiri bagi pasien Covid-19.

“Kalau Bapak-Ibu tidak punya (tempat isolasi) atau terlalu sesak rumahnya, kami nanti akan mengimbau seluruh gubernur, kepala daerah agar membuat tempat-tempat isolasi," katanya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x