Kemenaker Klaim telah Salurkan Rp9,65 triliiun untuk Tiga Tahap BSU di Termin II

- 17 November 2020, 05:24 WIB
Menteri Ketenaga Kerjaan Ida Fauzyah
Menteri Ketenaga Kerjaan Ida Fauzyah /Kemenaker/kemnaker.go.id

Literasi News - Kemenaker mengklaim telah menyalurkan Rp9,65 triliiun untuk tiga tahap Bantuan Subsidi Upah pada Termin ke II. Secara keseluruhan pada termin kedua ini Kemenaker telah menyalurkan subsidi gaji/upah kepada 8.042.847 pekerja/buruh.

Sebelumnya, pada tahap I, Kemnaker menyalurkan subsidi gaji/upah kepada 2.180.382 pekerja/buruh, tahap II disalurkan kepada 2.713.434 pekerja/buruh, dan tahap III menyalurkan subsidi gaji/upah kepada 3.149.031 pekerja/buruh.

Dengan demikian total nilai anggaran yang telah disalurkan untuk ketiga tahap pada termin kedua ini mencapai Rp9,65 triliiun. Nilai tersebut diberikan kepada 8.042.847 pekerja/buruh yang telah menerima subsidi gaji/upah pada termin I lalu.

Baca Juga: Pemda Didorong Segera Usulkan Kebutuhan Guru, Mulai 2021 Dibuka Formasi 1 juta Guru PPPK

“Hari ini, termin kedua subsidi gaji/upah untuk tahap III kembali disalurkan," kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker pada Senin 16 November 2020 dilansir Literasi News dari laman kemnaker.go.id.

Ia menegaskan sesuai dengan komitmen yang telah disampaikan sebelumnya, proses penyaluran subsidi gaji/upah bisa dilakukan percepat karena datanya mengacu pada para penerima BSU di termin I lalu yang sudah clear and clean. "Percepatan penyaluran ini sebagai ikhtiar pemerintah untuk membantu daya beli pekerja/buruh yang terdampak pandemi Covid-19," katanya.

Dilansir Literasi News dari laman resmi Kemenaker, realisasi sementara penyaluran subsidi gaji/upah termin kedua, yaitu tahap I telah tersalurkan kepada 844.083 pekerja/buruh atau 38,71 persen.

Baca Juga: Siapa Saja yang Berhak Mendapat BSU Kemendikbud, Ini Penjelasannya

Kemudian tahap II telah tersalurkan kepada 685.427 pekerja/buruh atau 25,26 persen. Jumlah anggaran yang sementara tersalurkan dari tahap I dan II sebesar Rp1,8 triliun.

Laporan sementara dari Bank Penyalur per 15 November kemarin, realisasi penyaluran untuk termin kedua secara total tahap 1 dan tahap 2, sudah mencapai 1,5 juta orang. Sisanya masih dalam proses penyaluran.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x